Sukses

Bir Disulap Jadi Bahan Bakar Mobil

Bahan dasar bir berupa ethanol nantinya dicampur dengan bensin premium.

Liputan6.com, Wellington - Keterkaitan antara bir dan kegiatan mengemudi kerap berkonotasi ilegal. Namun kini, keduanya sudah legal dan para pengemudi tetap dapat menggunakan bir selama perjalanan.

Bagaimana bisa? Rupanya bir ini tidak untuk dikonsumsi oleh si pengemudi melainkan untuk bahan bakar mobil. Penggunaan bir sebagai bahan bakar mobil ini telah dilakukan di Selandia baru.

Dilansir Carbuzz, Rabu (15/7/2015), Bahan bakar yang dinamai Brewtroleum ini memanfaatkan bahan dasar bir berupa ethanol. Adapun prosesnya yaitu menyaring ragi dan menyisakan ethanol sejumlah 10 persen yang nantinya dicampur dengan bensin premium dengan komposisi 90 persen.

Menurut Kepala Pemasaran DB Export, Sean O’Donnell, dari 80 ribu galon BBM yang diproduksi menggunakan sejumlah 8 ribu galon ethanol dari bir. Efek positif penggunaan bir ini diklaim mampu membersihkan mesin dari kadar air dan mencegah korosi.

Selain itu, performa yang dihasilkan pada mobil sama seperti ketika menggunakan premium namun menghasilkan karbon delapan persen lebih sedikit. Namun begitu, pengguna mobil yang doyan minum tidak disarankan mengisi dengan bir bir jika kehabisan bensin dalam perjalanan.

(ysp/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.