Sukses

Pakaian yang Tepat untuk Naik Motor

Mengendarai sepeda motor yang nyaman salah satunya dipengeruhi oleh faktor pakaian yang digunakan, termasuk celana, sepatu, dan aksesorisnya

Liputan6.com, Jakarta - Mengendarai sepeda motor yang nyaman salah satunya dipengeruhi oleh faktor pakaian yang digunakan, termasuk celana, sepatu, dan aksesori lainnya. Sayangnya, belum terlalu banyak pengendara motor yang memperhatikan hal ini.

Seringkali seseorang sudah merasa tepat jika mengendarai motor menggunakan jeans, kaos, dan sandal. Padahal, pakaian tersebut sama sekali tidak tepat. Angin, debu, atau kotoran lain, akan cukup mengganggu Anda.

Jadi, apa pakaian yang tepat untuk mengendarai motor? Melansir laman Consumerreports, paket pakaian yang tepat tersebut adalah jaket kulit. Jaket kulit adalah jaket yang cocok baik untuk siang atau malam, cuaca panas atau dingin.

Selain itu, kelebihan lain dari jaket kulit adalah ia kuat, tidak tembus angin, serta memiliki daya serap keringan yang baik sehingga selalu nyaman digunakan. Kalaupun ada kekurangannya, jaket kulit mudah mau sehingga harus sering dicuci.

Kemudian, perlengkapan lainnya adalah sarung tangan, celana panjang, dan sepatu yang tingginya sepergelangan kaki. Peralatan tersebut mampu menahan angin. Selain itu, peralatan ini juga menghindari kulit terkena langsung sinar matahari.

Gunakan juga pelindung mata, misalnya kacamata atau kaca helm. Jangan pernah bergantung pada kaca depan motor karena itu tidak memberikan perlindungan menyeluruh dari angin ataupun kotoran.

Banyak yang menganggap aturan ini terlalu rumit untuk diikuti, apalagi jika menggunakan motor dengan jarak yang tidak jauh. Nah, kalaupun begitu, maka sebaiknya jangan gunakan motor. Gunakanlah sepeda atau alat transportasi umum saja.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini