Sukses

5 Mobil Klasik Terbaik Buatan AS

AS sempat menjadi negara yang memimpin produksi dan penjualan mobil di dunia.

Liputan6.com, California - Amerika Serikat memang bukan negara penemu mobil. Meskipun begitu, industri otomotif di negeri Paman Sam sanggup tumbuh cukup cepat.

Pada 1904 AS menjadi negara yang memimpin produksi dan penjualan mobil di dunia. Bahkan pada 1913, 80 persen mobil yang ada di seluruh dunia berasal dari AS. Sejumlah 253 merek semenjak 1908 terus menelurkan berbagai teknologi dan kendaraan-kendaraan baru.

Banyak faktor yang menentukan suatu mobil menjadi yang terbaik, meliputi teknologi, desain, teknis, dan penerimaan konsumen serta kesesuaian dengan kultur masyarakat. Berikut ini deretan mobil-mobil klasik terbaik versi Motortrend, yang dilansir pada Selasa (14/7):

1. Ford Model T

Mobil beratap terbuka ini merupakan hasil karya pabrikan otomotif milik Henry Ford. Model T diproduksi selama 19 tahun mulai dari 1908 hingga 1927 dengan total produksi hampir mencapai 15 juta unit.

Ford Model T bukan sekedar mobil, tetapi menempatkan masyarakat Amerika ke dalam suatu kehidupan baru dari barbagai aspek. Adanya Ford Model T mendorong tumbuhnya kelas menengah di AS yang modern melalui dengan hadirnya banyak pusat perbelanjaan serta kawasan perumahan baru yang terjangkau.

Buka halaman selanjutnya >>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Next

2. Ford Model 18

Ford merilis Model 18 pada 1932. Mobil ini memiliki daya angkut dua penumpang. Model 18 menjadi mobil produksi pertama di dunia yang didukung mesin V8 yang hingga kini digandrungi masyarakat AS.

Mesin pada Model 18 ini bahkan sempat mendapat penghargaan dari seorang boss gangster bernama John Dillinger yang mengungkapkan kekagumannya sebagai mobil paling cepat dan paling kokoh yang pernah dibuat.

Usai Perang Dunia II, Ford Model 18 menjadi tulang punggung mobil bergaya hot rod yang murah dan mudah dimodifikasi menjadi lebih gahar. Mobil ini selama lebih dari 80 tahun menjadi ikon budaya pop di negeri adidaya itu.

Buka halaman selanjutnya >>>

3 dari 5 halaman

Next

3. Duesenberg Model SJ

Mobil ini diluncurkan pada 1932 berbarengan dengan Ford Model 18. Bedanya, mobil ini adalah antitesis karena hadir sebagai mobil super mewah pada masanya. Pabrikan hanya memproduksi Model SJ sebanyak 36 unit di dunia dalam rentang waktu 1932 sampai 1935.

Duesenberg Model SJ ini dibangun dengan desain yang sederhana secara hand-made. Untuk jantung mekanisnya menggunakan mesin delapan silinder segaris twin cam yang dipersenjatai teknologi empat klep per silinder serta supercharged dengan kecepatan maksimum hingga 140 mph. Jika dibandingkan, Model SJ adalah Bugatti Veyron untuk saat ini.

Buka halaman selanjutnya >>>

4 dari 5 halaman

Next

4. Jeep

Jeep menjadi kendaraan yang sangat populer saat Perang Dunia II. Bahkan usai perang, mobil dengan kemampuan off road ini telah diproduksi lebih dari 700 ribu unit.

Jeep begitu berjasa bagi tentara sekutu dengan keunggulannya sebagai mobil yang tangguh, lincah, dan siap digunakan kemanapun. Keunggulan ini rupanya terus dipertahankan Jeep hingga abat 21 termasuk pada model crossover-nya.

Buka halaman selanjutnya >>>

5 dari 5 halaman

Next

5. Oldsmobile 88

Era Rock n Roll dimulai dengan lagu yang mengkisahkan sebuah mobil yaitu Oldsmobile 88. Mobil ini begitu digandrungi karena menjadi sedan tercepat dan terjangkau di AS pada masanya.

Oldsmobile 88 diluncurkan pertama kali pada 1949 dan menjadi muscle car pertama di AS. Mobil ini dipersenjatai mesin Rocket V8 dengan output 135 Tk.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.