Sukses

Sebab dan Cara Perbaiki Speedometer yang Rusak

Ada beberapa sebab yang membuat speedometer motor rusak. Salah satunya adalah kabel yang putus.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu masalah yang kerap dialami para pengendara motor adalah speedometer tidak berfungsi. Padahal, speedometer adalah salah satu komponen penting pada motor yang menunjukkan kecepatan berkendara.

Sebagaimana diketahui, tanda speedometer mati adalah jarum penunjuk yang tidak bergerak meskipun motor telah melaju. Selain itu, speedometer rusak juga ditandai oleh jarum yang naik turun tidak teratur dan tidak menunjukkan kecepatan sebenarnya.

Lantas, apa penyebab speedometer bisa rusak? Pertama, ada kemungkinan kabel speedometer telah putus karena karat. Biasanya, karat ini disebabkan karena air yang masuk ke dalam kabel.

Kemudian, menarik gas dengan cara ugal-ugalan dalam jangka waktu yang lama juga dapat mengakibatkan hal serupa. Ini juga bisa dipercepat dengan memacu motor dengan cepat di jalanan rusak karena speedometer berguncang tidak teratur.

Selain itu, gear nanas yang aus juga bisa menjadi sebab lain speedometer bisa rusak. Sebab terakhir, tromol memang sudah rusak. Ini membuat kabel speedometer tidak berputar alias rusak.

Untuk memperbaikinya, maka ketahui dulu masalahnya. Jika masalah terletak pada rumah kabel yang berdebu atau karatan, maka semprotkan part tersebut dengan cairan penetran. Tetapi, jika kerusakan terletak pada kabel yang putus, maka tidak ada cara lain yang dapat dilakukan selain menggantinya ke bengkel.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini