Sukses

Piaggio Gandeng KTM Garap Motor `Anti` BBM

Sebuah proyek berskala Eropa untuk mengembangkan motor bertenaga listrik komuter sedang dipelopori oleh Piaggio dan didukung penuh oleh KTM.

Liputan6.com, Pontedera - Sebuah proyek untuk mengembangkan motor bertenaga listrik (tanpa BBM) komuter berskala Eropa sedang dipelopori oleh Piaggio dan didukung oleh KTM.

Proyek yang diberi nama 'Range of Electric Solution for L-category Vehicle' atau RESOLVE ini, sebagaimana dilaporkan Gizmag, bertujuan untuk mengajak pengendara mobil untuk beralih dari moda transportasi yang digunakannya.

Nantinya, output dari proyek ini adalah sepeda motor atau kendaraan sejenis yang beroda tiga atau empat yang berukuran lebih kecil. Termasuk juga di dalamnya adalah sepeda motor dengan sespan (sidecar).

Adapun kendaraan beroda empat dengan ukuran yang kecil, misalnya, adalah Piaggio MP3 atau Quadro 4. Tetapi apakah nantinya kendaraan masa depan ini akan seperti dua model tersebut belum dapat diketahui. Tetapi yang jelas, kendaraan ini akan ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi apapun.

Dalam menggarap proyek ini, Piaggio dan KTM akan didukung oleh para ahli industri, termasuk Bosche yang ahli dalam teknologi elektrik, serta pihak universitas seperti University of Warwick asal Inggris.

Diharapkan, proyek yang cukup ambisius karena berencana mengganti moda transportasi masyarakat Eropa ini akan selesai pada 2018.

Sebelum proyek digarap lebih jauh, Piaggio dan KTM saat ini masih menampung ide-ide dan masukan dari pengguna kendaraan bermotor dengan sarana kuesioner online.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.