Sukses

Mengupas Fitur Jagoan Fortuner dan Everest Baru

All new Everest maupun Fortuner sama-sama menjanjikan perubahan signifikan. Penasaran? Berikut ulasan singkatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pasca Ford mengumumkan all new Everest di ajang Bangkok International Motor Show (BIMS) 2015, kini giliran Toyota yang membuka selubung SUV mereka, all New Fortuner pada (15/7) lalu.

Kehadiran duo mobil anyar ini pun memanaskan persaingan. Menariknya, baik all new Everest maupun Fortuner sama-sama menjanjikan perubahan signifikan.

Ford membangun SUV tujuh penumpang ini dengan konstruksi body-on-frame, four-wheel drive dan terrain management system. Tak luput, mobil pun mengaplikasikan pengaturan suspensi baru, yaitu sistem Watt's Linkage Suspension.

All New Ford Everest akhirnya menjajakan kaki di kawasan ASEAN setelah diperkenalkan perdana di Beijing.

All new Everest memiliki fitur SYNC 2, active park assist, curve control, juga blind spot information system dengan cross traffic alert.

Sebagai mobil yang dijanjikan mampu menaklukkan `dua alam`, all new Everest memiliki ground clearance setinggi 225 mm dengan water-wading 800 mm.

Nah, untuk mesinnya, Ford punya dua opsi mesin, yakni 3,2 liter TDCi lima silinder dan Duratorq 2,2 liter TDCi empat silinder. Untuk mesin terakhir, menghasilkan tenaga 157 Tk dan torsi 385 Nm.

All new Toyota Fortuner

Toyota masih mempertahankan sumbu roda Fortuner terdahulu yakni 2.750 mm. Hanya saja, dimensi panjangnya naik 90 mm juga lebih lebar 15 mm. Namun, tingginya dipangkas 15 mm.

Untuk suspensinya, all new Fortuner menerapkan double wishbone, stabiliser bar pada bagian depan dan suspensi belakang 5-link, coil springs, stabiliser bar.

Ada tiga varian mesin yang menyertai kehadiran All New Fortuner, 2 Diesel dan 1 bensin (foto: Komar)

Menyoal fitur keselamatan, mobil memiliki tujuh airbags, kamera mundur, hill-start assist control, dan emergency stop signal.

Di sektor jantung pacunya, Toyota meyediakan varian Diesel dan bensin. Dua varian Diesel berkapasitas 2,4 liter (147 Tk dan torsi 400 Nm) dan 2,8 liter (174 Tk dan torsi 450 Nm) dengan kode mesin 1GD. Mesin Diesel ini menggantikan varian 2,5 liter dan 3 liter.

Sedangkan mesin bensin hanya ada dalam varian 2,7 liter yang menyeburkan tenaga 163 Tk dan torsi 245 Nm.



(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.