Sukses

Parade Mobil Warnai Momentum Setengah Abad Toyota di Inggris

Parade ini terdiri dari mobil-mobil Toyota yang pernah dan masih mengaspal di Inggris.

Liputan6.com, London - Tepat 50 tahun lalu Toyota menjejakkan kakinya di Inggris. Kini, raksasa otomotif Jepang itu sudah menjual lebih dari tiga juta unit di Inggris dan sebagian di antaranya diproduksi secara lokal.

Dilansir Carscoops, Jumat (24/7/2015), perayaan setengah abad ini ditandai dengan parade deretan mobil Toyota dari berbagai tahun. Model yang ikut serta dalam parade ini terdiri dari mobil-mobil yang pernah dan masih mengaspal di Inggris.

Lini model tersebut meliputi Corona, Corolla AE86, generasi ketiga MR2 Roadseter, Carina-E, dan generasi pertama RAV4. Bahkan, dua unit Corona Saloon keluaran pertama yang masih dalam kondisi layak jalan juga diikutsertakan dalam parade.

Adapun kehadiran Toyota di Inggris selama 50 tahun dimulai sebagai importir yang menjual model Corona dan membuka jaringan dealer kecil. Di tahun berikutnya yaitu pada 1966, Toyota memperkenalkan Corolla. Sedan kompak ini hingga 1980 sukses terjual sebanyak 200 ribu unit.

Lebih lanjut, Toyota membuka manufakturnya di Inggris pada 1989. Tiga tahun setelahnya, manufaktur Toyota yang mencakup pabrik mobil Burnaston dan pabrik mesin Deeside dimanfaatkan menjadi basis produksi kendaraan Toyota di Eropa.

(ysp/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.