Sukses

Pulang Mudik, Saatnya Usir Bau di Kabin Mobil (Bagian I)

Tumpahan makanan dan minuman serta kotoran yang lama menempel pada jok mobil memicu timbulnya bau pada interior.

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran telah usai, sebagian besar perantau sudah kembali dari kampung halamannya untuk melanjutkan aktivitasnya di kota asal. Banyak dari pemudik menggunakan mobil pribadi saat menuju kampung halaman. Melakukan perjalanan dalam waktu tempuh cukup lama seperti mudik lebaran bisa berdampak kurang baik terhadap kenyamanan interior mobil.

Banyaknya aktivitas yang dilakukan di mobil sepanjang perjalanan dapat menumbulkan bau tidak sedap. Tumpahan makanan dan minuman serta kotoran yang lama menempel pada jok mobil memicu timbulnya bau pada interior.

Untuk itu, segeralah usir bau dari interior mobil. Sebab, bau yang tidak sedap bisa saja membuat mual dan pusing.

Beberapa diantara Anda mungkin masih malas keluar rumah untuk perawatan mobil usai mudik. Bagi anda yang malas keluar rumah untuk melakukan perawatan mobil, berikut ini jurus usir bau dari kabin mobil yang berhasil dihimpun Liputan6.com:

1. Bersihkan jok

Secara garis besar, jok mobil terdiri dari dua bahan yang berbeda yaitu beludru atau fabric serta kulit baik itu kulit alami atau sintetis. Tentu, langkah membersihkannya juga berbeda antara beludru dengan kulit.

a. Jok Beludru/Fabric

Untuk kulit jok berbahan beludru atau fabric (jenis kain), langkah pertama yang dilakukan adalah melepas terlebih dahulu jok untuk memudahkan pembersihan. Jika sulit, pengerjaan ini sebaiknya dilakukan dengan membuka seluruh pintu mobil.

Langkah selanjunya yaitu menyedot debu di seluruh permukaan hingga sela-sela jok menggunakan vacuum cleaner. Setelah itu semprotkan cairan pembersih berupa busa ke permukaan yang akan dibersihkan dan kemudian sikatlah bagian tersebut satu arah dan lakukan per bagian hingga kotoran bersih.

Setelah disikat, usap permukaan jok dengan lap bersih untuk menghilangkan sisa cairan. Langkah terakhir adalah menjemur jok saat cuaca cerah baik dengan cara dilepas atau membuka seluruh pintu mobil jika kesulitan melepas jok.

b. Jok Kulit

Tidak seperti jok berbahan beludru yang butuh banyak proses saat dibersihkan, jok dengan pembungkus berbahan kulit lebih mudah dibersihkan.

Langkah pertama yaitu membersihkan jok dari debu yang menempel, untuk menjangkau hingga ke sudut yang sulit sebaiknya gunakan vacuum cleaner. Usai menyedot debu, lanjutkan dengan mengelap permukaan jok dengan lap plas chamois (kanebo) dalam kondisi yang agak basah.

Jika mendapati noda yang sulit hilang pada jok, gunakan cairan pembersih jok yang banyak tersedia di toko aksesori ataupun supermarket. Usahakan langsung disikat setelah jok disemprot untuk menghindari cairan pembersih mengering. Langkah menyikatnya pun sama seperti jok beludru, yaitu digosok searah tanpa perlu ditekan dengan kuat.

Usai disikat, bersihkan kembali sisa cairan pembersih yang menempel menggunakan lap plas chamois yang agak basah dengan searah. Jok pun kembali bersih dan bisa langsung digunakan tanpa perlu dijemur seperti jok beludru.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.