Sukses

Cuci Mobil Sendiri, Perhatikan Hal Penting Ini (Bagian I)

Mencuci mobil pun ada kiatnya tersendiri agar cat tidak rusak.

Liputan6.com, Jakarta - Usai melakukan perjalanan jauh seperti mudik Lebaran ataupun pergi liburan, kondisi mobil biasanya kotor terkena debu maupun lumpur. Kondisi mobil yang dekil tentu tidak sedap dipandang.

Tidak ada salahnya Anda mencuci mobil sendiri di rumah. Mencuci mobil sendiri juga mendatangkan kepuasan tersendiri bagi pemilik mobil yang sukses membuat tunggangan kesayangan jadi kinclong.

Mencuci mobil pun ada kiat tersendiri agar cat tidak rusak. Berikut ini persiapan sebelum mencuci mobil yang berhasil dihimpun Liputan6.com:

1. Bersihkan Debu

Mobil yang masih penuh dengan debu jangan sampai dibersihkan dengan lap dalam kondisi kering. Alasannya, partikel-partikel debu yang menggumpal dapat menggores cat.

Untuk itu, bersihkan dulu debu yang menempel dengan kemoceng. Hal ini bertujuan untuk menurunkan partikel debu yang menempel tanpa menggumpal.

2. Cuci mobil di tempat teduh

Selain tidak membuat Anda kepanasan, mencuci mobil di tempat yang teduh bertujuan untuk menghindarkan mobil dari paparan sinar matahari. Titik-titik air yang menempel pada mobil bersifat seperti kaca pembesar sehingga berpotensi merusak cat.

Selain itu, paparan sinar matahari juga membuat air dan shampo di bodi mobil cepat mengering sebelum sempat dibilas. Alhasil, bodi mobil pun menjadi penuh bercak yang sulit dihilangkan.

3. Pakai shampo khusus mobil

Saat akan mencuci, usahakan memakai shampo khusus mobil yang memiliki pH balance. Shampo mobil juga memiliki kemampuan mengangkat kotoran dan minyak sisa pembakaran kendaraan lain dengan cukup cepat.

Bila tidak punya shampo mobil, alternatifnya Anda dapat menggunakan shampo untuk rambut. Shampo jenis ini tidak mengandung detergen dan kru Liputan6.com sudah membuktikannya mampu mengangkat kotoran sama baiknya seperti shampo mobil dan tidak menyisakan bercak sisa usai dibilas.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.