Sukses

Cuci Mobil Sendiri, Perhatikan Hal Penting Ini (Bagian II)

Terdapat kiat tersendiri dalam mencuci mobil sehingga tetap mengkilap dan komponen yang ada di mobil tetap aman.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda melakukan perjalanan yang jauh dengan mobil melewati medan yang bervariasi bukan tidak mungkin mobil akan sangat kotor. Jika dibiarkan terlalu lama, kotoran ataupun debu yang menempel membuat cat jadi kusam. Terlebih, kotoran yang menempel bisa saja merusak cat mobil.

Anda pasti ingin mobil kembali bersih dan mengkilap. Namun, kelelahan pasca mudik menimbulkan rasa malas pergi ke tempat pencucian mobil.

Tidak ada salahnya Anda mencuci mobil sendiri di rumah. Namun, ada kiat tersendiri dalam mencuci mobil sehingga tetap mengkilap dan komponen yang ada di mobil tetap aman.

Berikut ini kiat mencuci mobil yang berhasil dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber:

1. Semprot bodi mobil

Kegiatan mencuci mobil diawali dengan menyemprotkan air bersih ke seluruh bagian bodi. Semprotan air ini bertujuan membersihkan sisa-sisa klorin dan bahan kimia yang berpotensi untuk merusak cat sekaligus membasahi seluruh bodi mobil.

Namun jangan lupa, tutup jendela dan pintu dengan rapat agar air tidak merembes ke dalam interior. Saat menyemprot pun harus dibedakan tekanan airnya.

Saat akan membersihkan kolong mobil, atur semprotan dengan tekanan yang cukup kencang. Tujuannya, agar kotoran yang sudah cukup erat menempel dapat rontok dengan mudah.

Lain halnya jika akan menyemprot bodi mobil. Tekanan air sebaiknya dibuat cukup lembut agar permukaan cat tidak rusak terkena air bertekanan tinggi.

2. Bersihkan roda dan bagian kolong terlebih dahulu

Mencuci mobil yang benar adalah dengan cara membersihkan roda dan kolong terlebih dahulu karena bagian inilah yang paling kotor. Tak heran karena bagian ini yang paling dekat dengan aspal dan mudah terkena cipratan lumpur.

Jika ada noda yang sulit untuk dibersihkan, gunakanlah sikat sabut agar kotoran mudah terangkat. Usahakan saat mencuci mobil, mesin dalam kondisi dingin agar tidak menyisakan bercak air.

3. Usap dari atas ke bawah

Usai membersihkan bagian bawah, kini saatnya menyabuni seluruh bodi mobil. Langkah yang benar saat memgusap sabun adalah dari atas ke bawah. Tujuannya, agar bodi mobil yang sudah bersih tidak terkena kotoran.

Saat mengusap, lakukan langkah ini dengan cara memutar. Usap bodi dengan tekanan yang tidak besar agar tidak menggores cat. Usahakan juga lakukan usapan dengan cepat agar busa sabun tidak keburu mengering sebelum dibilas.

Setelah seluruhnya diusap dengan sabun, bilaslah dengan air bersih yang dimulai dari bagian atas mobil. Hal ini bertujuan agar tidak lagi menyisakan busa sabun pada bodi yang sudah bersih.

4. Keringkan mobil

Setelah seluruh bodi bersih dan dibilas, langkah terakhir adalah mengeringkan sisa air. Gunakan lap chamois atau micro fiber untuk menghindari tergoresnya cat serta menempelnya debu.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.