Sukses

Perlukah Poles dan Waxing pada Mobil?

Perawatan rutin tampilan mobil lebih cocok menggunakan waxing.

Liputan6.com, Jakarta - Tiap orang pasti ingin melihat tampilan mobilnya selalu mengkilap layaknya mobil yang baru saja keluar dari dealer. Selain mencuci dengan rutin, upaya yang dilakukan pemilik mobil biasanya yaitu memoles.

Mobil-mobil keluaran 2000 ke atas menggunakan cat berbahan dasar polyurethane (PU). Perawatan cat jenis ini dianjurkan menggunakan bahan dasar carnauba yang aman bagi cat. Tersedia banyak pilihan produk dari berbagai merek di pasaran untuk memoles mobil.

Sebenarnya, untuk perawatan rutin tampilan mobil lebih cocok menggunakan waxing ketimbang poles. Adapun poles yang menggunakan kompon lebih cocok digunakan ketika cat sudah dalam kondisi kusam atau terdapat goresan ringan. Hal ini disebabkan karena kompon bersifat mengikis lapisan cat yang kusam dan penggunaan secara terus menerus dapat mengikis permukaan cat.

Proses waxing ini dapat dilakukan usai mencuci mobil. Waxing jika dilakukan secara rutin tidak hanya membuat mobil selalu kinclong tetapi juga menghindarkan cat mobil dari jamur.

Jika mendapati ada bagian panel yang sudah kusam, Anda dapat melakukan proses poles menggunakan obat poles yang mengandung kompon. Untuk penggunaannya, Anda tinggal mengikuti langkah yang tertera pada kemasan kompon.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.