Sukses

Jangan Sepelekan Peran Tutup Pentil

Banyak yang meremehkan tutup pentil. Mereka menganggap part tersebut tidak ada manfaatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak yang meremehkan tutup pentil. Mereka menganggap part tersebut tidak ada manfaatnya. Padahal, anggapan tersebut sangat salah.

Pada dasarnya, fungsi tutup pentil sebenarnya adalah untuk melindungi beberapa bagian kecil seperti sil karet, penonjok, dan per. Bagian ini menjadi tempat keluar masuknya angin. Jika ingin mengeluarkan angin, maka tinggal tekan saja bagian ini.

Karena itu, jika tidak ada tutup pentil, maka ada kemungkinan angin bisa keluar secara tiba-tiba. Selain itu, tutup pentil juga mencegah ban kemasukan air dan kotoran. Untuk diketahui, ban bisa cepat getas dan bocor jika sering terkena air atau kotoran.

Dengan mengetahui fungsinya, maka para bikers tidak boleh lagi menyepelekan part yang berukuran mungil dan berbanderol sangat terjangkau ini. Pasalnya ban yang kurang angin berakibat banyak hal lainnya, misalnya tarikan lebih berat dan konsumsi BBM lebih boros.

Selain yang standar, saat ini ada pula tutup pentil dengan beragam bentuk yang menarik sehingga membuat motor semakin ciamik. Ada pula tutup pentil yang dapat mengukur tekanan udara sehingga Anda dapat terus memonitor kondisi ban.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini