Sukses

Pabrikan China Bikin Jiplakan Mobil `Iron Man`

Baru-baru ini, pabrikan mobil asal Tiongkok kembali meniru model terkenal. Kali ini mobil yang ditiru adalah Tesla Model S.

Liputan6.com, Shanghai - Pabrikan mobil asal Tiongkok sudah lama dikenal sebagai ahli copy-paste. Maksudnya, mereka tak segan-segan meniru desain kendaraan kelas dunia dan mengklaim sebagai merek buatannya sendiri.

Baru-baru ini, hal tersebut kembali terjadi. Kali ini, mobil yang ditiru adalah Tesla Model S, mobil sport bertenaga listrik yang dicontek melalui model bernama Youxia X.

Tidak ada perbedaan signifikan di antara keduanya. Dari eksterior, hanya lampu belakang saja yang berbeda. Youxia X dilengkapi dengan lampu belakang berbentuk Y. Interiornya pun demikian. Touchscreen di dashboard misalnya, sangat jelas meniru Model S.

Dilaporkan Autoblog, Youxia X juga didukung oleh motor listrik yang hasilkan tenaga 362 Tk dan torsi 440 Nm. Menariknya, performa ini lebih tinggi dibanding Model S asli yang `hanya` semburkan tenaga 235 Tk dan torsi 420 Nm.

Selain itu, baterai Model S versi `kw` ini juga dilaporkan lebih mumpuni. Dalam satu kali pengisian, baterai Youxia X mampu tempuh jarak hingga 220 km, sementara Model S menempuh jarak 20 km lebih pendek.

Spesifikasi ini cukup mengagetkan. Mengingat tren yang terjadi selama ini pabrikan Tiongkok hanya menduplikasi tampilan, sementara spesifikasinya biasanya jauh lebih rendah dibanding model yang ditiru.

Youxia X akan dibanderol dengan harga antara US$ 47 ribu hingga US$ 63 ribu atau sekira Rp 633 juta hingga Rp 849 juta. Jika tidak ada halangan, Youxia X akan diproduksi pada akhir tahun depan dan akan mengaspal satu tahun setelahnya.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.