Sukses

Honda dan Toyota Kembangkan Mesin Turbo

Honda dan Toyota dilaporkan akan segera mengadopsi mesin I4 yang lebih optimal dengan turbocharger.

Liputan6.com, Minato - Honda dan Toyota dilaporkan akan segera mengadopsi mesin turbocharged 4 silinder untuk menggantikan kemampuan mesin V6. 

Keputusan ini menjadikan dua pabrikan asal Jepang tersebut mengikuti jejak pesaing lain yang telah melakukan hal serupa. Beberapa pesaing yang telah melengkapi diri dengan mesin turbo adalah Ford, Hyundai, Kia, dan Chevrolet.

"Orang Jepang mampu menunggu lebih lama untuk mengadopsi teknologi ini," terang Ed Kim, Vice President AutoPacific sebagaimana dikutip dari Auto123, Rabu (29/7/2015).

Sementara itu, menurut laman Automotive News, kedua merek ini hampir mencapai batas dengan teknologi lamanya. Inovasi, di mana salah satunya adalah mesin turbo ini, berguna agar mereka tetap dapat bersaing dengan kompetitor.

Pengembangan teknologi ini akan terus mereka `genjot` dalam lima tahun ke depan. Meskipun begitu, beberapa di antaranya telah siap mengaspal. Misalnya, Honda Civic akan ditawarkan dengan mesin turbo 1,5 liter beberapa bulan lagi.

Selain itu, bersama Nissan, Honda dan Toyota juga sedang mengembangkan mesin 4 silinder yang menghasilkan daya setara dengan mesin 6 silinder.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.