Sukses

Yamaha Mio Fino Hadir dengan Opsi Mesin Listrik

Baterai pada skutik yang dinamai E-Vino tersebut sanggup digunakan untuk menempuh jarak hingga 29 km.

Liputan6.com, Tokyo - Permintaan atas kendaraan ramah lingkungan semakin lama semakin meningkat. Sinyalemen ini pun ditangkap dengan baik oleh Yamaha Motor Corporation dengan meluncurkan Vino yang dijalankan mesin listrik.

Dilansir Responsjp, Kamis (30/7/2015), Skutik bergaya retro ini didukung motor listrik DC. Baterai lithium-ion dengan daya 50 V disiapkan untuk penyimpanan energi listrik skutik yang di Indonesia dipasarkan sebagai Mio Fino ini.

Di atas kertas, baterai pada skutik yang dinamai E-Vino tersebut sanggup digunakan untuk menempuh jarak hingga 29 km dalam kondisi penuh. Selain itu, baterai juga mudah di lepas-pasang untuk pengisian ulang.

Jika daya listrik habis, baterai ini dapat diisi pada colokan rumah dengan tegangan listrik 100 V. Adapun pengisian baterai hingga kondisi penuh butuh waktu selama tiga jam.

Berbeda jauh dari sepeda listrik yang banyak tersedia di pasaran, skutik ini dilengkapi fitur untuk memilih keluaran tenaga yang dihasilkan. Terdapat tiga mode yang disediakan yaitu standard, power, dan boost. Mode terakhir dapat dimanfaatkan saat skutik melintasi jalan menanjak atau kawasan berbukit.

Tak luput, bagasi dengan volume 10 liter juga telah disiapkan untuk mengakomodir barang bawaan yang dibawa pengendara. Posisi bagasi ini berada di balik jok dan menyatu dengan dudukan baterai.

Yamaha mulai memasarkan E-Vino pada 29 September mendatang. Skutik ini sendiri akan diproduksi oleh Yamaha Motor Taiwan.

Skutik ini dipasarkan di Jepang dengan harga 236.520 yen atau sekira Rp 25,6 jutaan. Yamaha memberikan korting sebesar 20 ribu yen atau Rp 2,17 juta selama masa promosi. (ysp/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini