Sukses

Jeffrey Polnaja, Biker Indonesia Penjelajah Dunia

Jeffrey Polnaja adalah penunggang sepeda motor terjauh nomor dua di dunia asal Indonesia.

Liputan6.com, Dili - Jeffrey Polnaja, penjelajah dunia menggunakan sepeda motor asal Indonesia, akhir pekan lalu (25/7/2015) telah mencapai Dili, Timor Leste, yang merupakan negara tujuan akhir misi Ride for Peace (RFP).

Dengan pencapaian tersebut, ia mencatatkan diri sebagai penunggang sepeda motor terjauh nomor dua di dunia. Catatannya yang mencapai 420 ribu km hanya bisa dikalahkan oleh Emilio Scotto dari Argentina dengan total jarak 735 ribu km.

Rekor ini membuatnya mengalahkan prestasi pengendara asal Inggris, Ted Simon yang mencapai jarak 126 ribu km, dan Helge Pedersen asal Norwegia sejauh 400 ribu km.

"Saya bersyukur masih diberikan kekuatan menjalani misi Ride for Peace," ujar Jeffrey dalam rilis resmi yang diterima Liputan6.com pada Kamis (30/7/2015).

Dalam laman Ride For Peace, dijelaskan bahwa selain untuk memberikan semangat perdamaian, misi ini juga dilakukan untuk mengingatkan bahaya global warming serta untuk mempromosikan Indonesia di pentas dunia.

Pada awal 2012, Jeffrey memulai kembali perjalanannya dari Paris untuk menjelajahi Eropa. Ia kemudian masuk ke Benua Amerika. Di Australia dan Selandia baru, pria berusia 53 tahun ini berpetualang selama hampir empat bulan.

Adapun selama perjalanan ini, Jeffrey menggunakan Silver Line, sepeda motor BMW R 1150 GS bernomor polisi B 5010 JP. Motor yang digunakan Jeffrey sempat berganti dua kali, tetapi dengan model yang sama.

Rencananya, misi RFP akan selesai di Tanah air sekira September 2015, tepat setelah Jeffrey puas menjelajahi Timor Leste.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini