Sukses

Bus Mitsubishi Laris Manis di Jepang

Lonjakan wisatawan ke Jepang, terutama yang berasal dari Tiongkok, memicu lonjakan permintaan terhadap bus. Mitsubishi pun panen.

Liputan6.com, Tokyo - Lonjakan wisatawan ke Jepang, terutama yang berasal dari Tiongkok, memicu lonjakan permintaan terhadap bus. Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corp pun menuai panen.

Seperti dilaporkan Bloomberg, Mitsubishi menerima lebih banyak pesanan untuk bus tamasya berukuran besar pada paruh pertama tahun ini. Penjualan bahkan naik 63 persen dalam tiga bulan terakhir dibanding tiga bulan sebelumnya.

Tak cuma itu, saham juga turut terkerek melonjak sebesar 7,7 persen dalam perdagangan Tokyo. Jumlah ini merupakan peningkatan terbesar dalam tujuh minggu terakhir.

Catatan ini berhasil membalik prediksi sebelumnya yang mengatakan bahwa segmen bus sulit berkembang di semester pertama, terutama saat melihat lesunya industri otomotif Jepang secara keseluruhan.

Secara umum, penjualan mobil penumpang domestik Toyota Motor Corp misalnya, turun 11 persen. Sementara itu penjualan Nissan Motor Co dan Honda Motor Co bahkan turun hingga 16 persen dan 18 persen.

Tingginya permintaan ini juga berdampak positif pada Hino. Masashi Yanagisawa, juru bicara Hino Motors, memprediksi jumlah ini akan terus meningkat hingga Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2020.  

Adapun melesatnya pariwitasa Jepang banyak disebabkan karena kebijakan yang tepat dari Perdana Menteri Shinzo Abe. Di bawah komandonya, jumlah wisatawan asing selama enam bulan pertama naik 46 persen menjadi lebih dari 9 juta orang.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.