Sukses

Akhir Pekan, Waktunya `Manjakan` Motor

Gunakan akhir pekan untuk `memanjakan` motor Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Motor adalah kendaraan favorit para pekerja di kota besar. Kemampuannya untuk menembus kemacetan menjadi magnet tersendiri bagi mereka.

Untuk merawat sepeda motor, biasanya akhir pekan adalah waktu terfavorit. Tentu, alasannya adalah karena waktu yang lebih lowong. Lantas, apa saja bentuk perawatan yang harus dilakukan?

Pertama, tentu saja motor Anda harus dicuci. Selama lima atau enam hari, motor telah tertempel beragam kotoran. Dari mulai debu hingga tanah-tanah. Motor yang tidak dicuci akan mengakibatkan banyak hal. Salah satunya adalah mengurangi kecerahan.

Kemudian, cek beberapa komponen penting yang sentral untuk menjaga performa motor. Beberapa di antaranya adalah busi, filter udara, dan oli. Pada motor skutik, komponen tambahan yang harus dicek adalah ruang CVT.

Sementara itu, untuk motor bebek pastikan bahwa rantai tidak kendur setelah lima atau enam hari kerja digunakan. Selain itu, pastikan juga rantai masih terlumasi.

Jika ada beberapa bagian yang rusak, jangan ragu untuk memperbaikinya. Jika tidak bisa dilakukan sendiri, maka segeralah ke bengkel.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.