Sukses

Top 5 Otomotif: Mobil Terbang Jadi Nyata

Mobil yang menjanjikan kemampuan di darat dan udara sukses menyita perhatian pembaca setia Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil yang menjanjikan kemampuan di darat dan udara sukses menyita perhatian pembaca setia Liputan6.com.

Di samping itu, plus minus sistem injeksi pada sepeda motor hingga produk Corsa dan Achilles anyar mejeng di BSD tak luput dari sorotan.

Selengkapnya, berikut top 5 artikel otomotif liputan6.com pada Minggu 2 Agustus:

1. Mobil Terbang Jadi Nyata


Teknologi terus berkembang. Tak terkecuali di ranah industri otomotif, khususnya roda empat.

Bila banyak pabrikan seperti Audi, Mercedes-Benz, dan BMW yang fokus menggarap mobil tanpa sopir atau otonomos, sebuah perusaaan kecil asal Amerika, Terrafugia justru punya fokus lain.

2. Plus Minus Sistem Injeksi pada Sepeda Motor


Sistem injeksi diklaim lebih baik dari karburator dalam kendaraan bermotor. Meskipun demikian, pada dasarnya fungsi keduanya tetap sama, yaitu mencampurkan bensin dengan udara sebelum masuk ke ruang bakar.

Pada karburator, bensin masuk ke ruang bakar karena `dihisap` oleh pergerakan piston pada silinder. Sementara itu, sistem injeksi menggunakan injektor yang berfungsi seperti keran yang membuka dan menutup aliran bensin dan dikontrol dengan piranti elektronik bernama Engine Control Unit (ECU).

3. Daftar Motor dengan Sistem Injeksi


Sepeda motor yang sudah menggunakan sistem injeksi sebagai mekanisme pencampuran bensin dengan udara (air–fuel ratio/AFR) sebelum masuk ke ruang bakar sudah cukup banyak diproduksi.

Salah satu kelebihan paling jelas sistem injeksi pada kendaraan bermotor adalah lebih irit. Dengan dikontrol oleh mekanisme komputer, pembakaran pada sistem injeksi jauh lebih efisien dibanding karburator.

4. Kelebihan dan Kekurangan Motor Karburator

Salah satu jenis mesin pada sepeda motor adalah karburator. Meskipun saat ini sudah ada motor dengan mesin injeksi, tetapi karburator masih lebih banyak digunakan, misalnya pada Supra X 125 atau Jupiter MX.

Baik karburator ataupun injeksi, keduanya pada dasarnya merupakan sistem pencampuran bensin dengan udara sebelum masuk ke ruang bakar. Pada karburator, bensin masuk ke ruang bakar karena `dihisap` oleh pergerakan piston pada silinder.

5. Produk Corsa dan Achilles Teranyar `Mejeng` di BSD


PT Multistrada Arah Sarana (MASA) sebagai produsen ban Corsa dan Achilles ikut berpartisipasi dalam pameran yang digelar Kementerian Perindustrian RI untuk menyongsong HUT ke-70 RI.

Dalam gelaran ini, PT MASA menampilkan produk paling anyar miliknya. "Kehadiran kami dalam acara tersebut untuk menunjukkan teknologi manufaktur ban yang dimiliki oleh PT MASA," tulis rilis resmi yang diterima Liputan.com, Minggu (2/8/2015).

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini