Sukses

Polusi Tinggi, Mobil Listrik Laris Manis di Beijing

Baru-baru ini, dilaporkan semakin banyak mobil listrik berkeliaran di Beijing, Tiongkok.

Liputan6.com, Beijing - Beijing adalah salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat, termasuk di industri otomotif. Baru-baru ini, dilaporkan semakin banyak mobil listrik berkeliaran di kota tersebut.

Pertumbuhan mobil yang tanpa emisi tersebut sedikit banyak merupakan jawaban atas masalah polusi udara yang cukup parah di sana. Sampai saat ini, penyumbang emisi terbesar tersebut adalah kendaraan bermotor.

Melansir Chinadaily, pemerintah memang mengeluarkan beberapa kebijakan untuk meningkatkan penggunakan mobil listrik, salah satunya adalah menawarkan subsidi.

Selain itu, pemerintah dan pabrikan juga membuat proyek bersama pembangunan infrastruktur untuk mobil listrik, misalnya stasiun pengisian baterai.

Dari seluruh mobil listrik yang ada, 66 persennya dikuasai BAIC BJEV. Pabrikan lokal ini berhasil jual 6.223 unit mobil listrik pada semester pertama 2015. Jumlah ini bahkan lebih banyak dibanding penjualan sepanjang tahun lalu.

Sementara itu, pabrikan asal Amerika Serikat (AS), Tesla, berencana untuk setidaknya membuka satu dealer lagi di negara tersebut sebelum akhir tahun. Saat ini, mereka telah memiliki 10 dealer yang tersebar di negara tersebut.

Menurut Xu Heyi, ketua BAIC Group, Tiongkok secara umum akan menjadi pasar mobil listrik terbesar di dunia pada 2016. "Tapi bisa juga tahun ini," tambahnya.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik