Sukses

3 Mobil Keluarga yang Siap Mengaspal Bulan Ini

Mobil keluarga ini akan dipamerkan pada GIIAS 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil dari jenis multi purpose vehicle (MPV) menjadi kendaraan yang paling digemari konsumen di Indonesia. Tingginya peminat mendorong agen pemegang merek berlomba-lomba menghadirkan varian low-MPV.

Bulan ini, tiga APM nasional yaitu Toyota, Daihatsu, dan Suzuki bersiap meluncurkan penyegaran pada model low-MPV mereka. Adapun masing-masing  mobil keluarga ini akan dipamerkan pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

Seperti apa mobil keluarga yang akan tampil di GIIAS 2015? Berikut ini uraian singkatnya yang berhasil dihimpun Liputan6.com:

Daihatsu Xenia
Beberapa hari terakhir santer berhembus jika PT Astra Daihatsu Motor akan melakukan penyegaran pada Xenia. Dari informasi yang diperoleh  Liputan6.com, penyegaran Daihatsu Xenia akan menyandang nama sebagai `Great New`.

Dijelaskan, Great New Xenia memiliki tampilan eksterior yang dibuat lebih stylish dan kokoh dengan perubahan signifikan,termasuk pada interiornya. Low-MPV ini dari sisi desain mirip dengan Grand New Avanza yang akan diluncurkan oleh Toyota karena keduanya diproduksi dengan platform yang diciptakan oleh Daihatsu-Toyota.

Uniknya, desain grill Great New Xenia berbeda-beda di setiap tipe. Terdapat  empat bentuk grill yang masing-masing tertuang pada Tipe R Sporty, R, X Deluxe dan M Deluxe, serta Tipe X, M dan D. Pada tipe R Sporty dan M Deluxe memiliki desain serupa pada bumper depan baru dengan airdam, yang membedakan hanyalah front bumper guard dengan kombinasi black matte pada tipe R Sport

Hadir sebagai mobil keluarga, PT ADM selaku produsen meningkatkan sistem penggerak agar menghasilkan noise and vibration (NV) yang minim. Untuk sektor keselamatan, Great New Xenia mengalami peningkatan struktur bodi yang lebih kaku dan didukung pula dengan side impact beam.

Berhembus kabar yang menyebutkan jika MPV terlaris Daihatsu ini akan diperkenalkan pada 12 Agustus mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next

2. Toyota Avanza

Toyota Avanza merupakan Low-MPV terlaris di Indonesia hingga dijuluki sebagai mobil sejuta umat. Tak ingin kehilangan momentum, Toyota Astra Motor secara periodik melakukan penyegaran pada MPV yang menjadi kembaran Daihatsu Xenia ini.

Meskipun belum resmi diperkenalkan, kabar mengenai penyegaran Avanza sudah cukup lama santer berhembus. Baik Avanza maupun Avanza-Veloz  masih mempertahankan mesin 1,3 liter dan 1,5 liter dengan kode F653RM dan F654RM.

Dari bocoran  sumber Liputan6.com, Grand New Toyota Avanza akan hadir dalam enam tipe, antara lain  Tipe E Standar M/T, Tipe E Standar A/T, Tipe E M/T, Tipe E A/T, Tipe G M/T, serta Tipe G A/T. Pada varian Veloz, MPV ini hadir dalam tipe  Veloz 1.3 M/T, Veloz 1.3 A/T, Avanza 1.5 G M/T, Veloz 1.5 M/T, dan Veloz 1.5 A/T.

Menyinggung harga jual, keenam tipe penyegaran ini kabarnya akan dipasarkan Rp 8 juta lebih mahal dari model terdahulu. Bahkan, kabar terkini menyebutkan jika mobil sudah siap didistribusikan ke jaringan dealer Toyota di Jakarta.

Seperti tradisi di Toyota pada tahun-tahun sebelumnya, pelucuran produk kolaborasi dengan Daihatsu akan dilakukan dalam satu hari yang sama. Berarti, Grand New Avanza akan dirilis pada 12 Agustus 2015 yang berbarengan dengan peluncuran Great New Xenia.

3 dari 3 halaman

Next

3. Suzuki Ertiga

Pabrikan lain yang akan menelurkan produk baru di bulan kemerdekaan Indonesia ini adalah Suzuki. Pabrikan berlogo huruf 'S' tersebut mengonfirmasi akan memperkenalkan penyegaran Ertiga pada ajang GIIAS 2015.

Indikasi menyebutkan jika Suzuki akan mendatangkan Ertiga dari India. Kabar ini pun tak ditampik oleh  Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Davy J Tuilan yang sempat mengatakan jika Suzuki berencana memboyong Ertiga terbaru dari India.

Sayangnya, pria dengan potongan rambut belah tengah ini enggan membocorkan ubahan pada Ertiga terbaru. Jika mengacu pada bocoran facelift versi India, Ertiga bakal mengusung desain baru pada grill serta  lampu kabut beraksen krom. Selain itu, bentuk intake udara pada new Ertiga kabarnya lebih kecil.

Saat kru Liputan6.com coba mencari tahu informasi ke dealer Suzuki mengenai sosok facelift Ertiga hasilnya pun nihil. Jaringan dealer Suzuki di Jakarta belum mendapat info apapun menyoal desain atau sosok Ertiga terbaru.

Untuk jantung mekanis, new Ertiga kabarnya masih mempertahankan mesin bensin 1,4 liter K-Series VVT dengan output 93 Tk dan torsi 130 Nm. MPV dengan kapasitas tujuh kursi penumpang ini hadir dengan tiga opsi transmisi yaitu manual 5-percepatan, otomatis 4-percepatan dan sistem transmisi AMT 5-percepatan.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini