Sukses

Mengintip Museum Motor Terbesar di Dunia

Salah satu dari sedikit museum khusus sepeda motor adalah National Motorcycle Museum yang terletak di Solihull, Inggris.

Liputan6.com, Solihull - Museum khusus sepeda motor mungkin tidak terlalu banyak di dunia. Selama ini, museum yang memamerkan sepeda motor dari masa lalu biasanya juga menyimpan mobil tua.

Salah satu dari sedikit museum khusus sepeda motor tersebut bernama National Motorcycle Museum. Terletak di Solihull, Inggris, tempat ini diakui sebagai museum sepeda motor terbaik dan salah satu yang terbesar di dunia.

Menurut laman resminya, museum ini pertama kali dibuka pada Oktober 1984 dengan koleksi sepeda motor hanya berjumlah 350 unit. Karena kerja keras dan ambisi Roy Richard, koleksi museum naik menjadi 1.000 unit. Jumlah ini termasuk motor asli ataupun hasil restorasi dari pabrikannya.

Terdapat banyak merek-merek terkenal yang dipajang di museum ini, dari mulai BSA dan Norton. Keduanya merupakan merek motor kebanggaan warga Inggris.

Pada 2003, museum ini pernah mengalami kebakaran besar dan membuat 380 koleksi, atau mencakup 75 persen bagian museum, rusak. Untung, pasca kebakaran tersebut, renovasi terus dilakukan, termasuk memperbaiki 150 unit koleksi yang terbakar.

Dalam satu tahun, museum ini mampu menaik sebanyak 250 ribu pengunjung. Beberapa motor menjadi daya tarik tersendiri, misalnya adalah Brough Superior Golden Dream yang diproduksi pada 1938.

Selain museum, tempat ini juga dilengkapi dengan ruang konferensi serta restoran. Pengunjung juga bisa menikmati tur museum secara berkelompok dan ada fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas.  

National Motorcycle Museum buka setiap hari kecuali hari tanggal 24 hingga 26 Desember pada pukul 08.30 hingga 17.30. Harga tiket berkisar antara 6,95 pound sterling untuk anak-anak hingga 8,95 pound sterling untuk orang tua.


(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini