Sukses

Ekspektasi Konsumen Terhadap Model Anyar Avanza dan Xenia

Kehadiran model baru dari Avanza dan Xenia ini tentu mengundang perhatian publik.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran model terbaru Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia di bulan ini diyakini bakal memanaskan pasar mobil yang cenderung lesu, terutama di segmen low multipurpose vehicle (MPV). Sebab duo kembar ini merupakan penguasa di segmen LMPV sejak diluncurkan 11 tahun silam, meski pesaingnya semakin banyak seperti Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Chevrolet Spin, dan lain-lain.

Sebagai mobil paling populer di segmen LMPV, kehadiran model baru dari Avanza dan Xenia ini tentu mengundang perhatian publik. Apalagi beberapa teaser promonya sudah beredar di masyarakat. Seperti apa tanggapan dan ekspektasi publik, Liputan6.com mewawancarai beberapa konsumen mobil.

Daniel Adrianto, warga Tangerang, Banten, mengaku sudah melihat model baru Avanza dan Xenia. Dia menuturkan, secara umum model baru Avanza yang diberi titel Grand New Avanza dan Great New Xenia mempunyai tampilan lebih dinamis dari model sebelumnya, seperti desain eksterior.

Perubahan dari sisi mesin yang menggunakan teknologi dua VVTI dan perdaftaran kabin yang lebih senyap membuat model mobil LMPV kembar ini makin tampil meyakinkan.

Namun, ada kelemahannya, yakni harga jualnya makin mahal. Untuk itu, kualitas akhirnya harus diperhalus lagi. Dan fitur keselamatan harus lebih lengkap dan menjadi standar di semua variannya.

"Ekspektasi saya terhadap model baru  Avanza dan Xenia adalah lebih bagus dan baik, tapi harga jualnya tidak berubah banyak. Karena dari sisi penjualan, kedua mobil ini akan tetap laris karena faktor penggerak roda belakang yang cocok untuk pasar Indonesia yang senang guyub. Jangan diubah jadi penggerak roda depan, kecuali nanti ada segmen khusus Avanza dan Xenia berpenggerak roda depan untuk mengakomodasi konsumen yang memilih kenyamanan," ujar Daniel.

Rudi RK yang tinggal di Jakarta Timur ini melihat model baru memiliki eksterior terkesan elegan. Sementara sisi interior lebih lengkap. Apalagi kinerja mesin akan lebih bertenaga dan irit berkat teknologi dual VVTI.

"Kesan saya  new Avanza dan Xenia lebih mewah dan eksklusif, karena garis-garis sporty di bodi berkurang, akibat banyak penggunaan lapisan chrome,” ujar pemilik Avanza yang dimodifikasi dengan tema Lego ini.

Menurut salah satu anggota AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) dari chapter Halilintars ini, setelah ada fitur airbags, nyaris tidak ada kelemahan dari mobil Avanza dan Xenia.

"Mobil Avanza dan Xenia adalah mobil yang memiliki daya tahan baik, kemampuan menjelajah ratusan kilometer tanpa ada masalah. Dengan dukungan ketersediaan suku cadang multigrade dengan harga terjangkau dan merata di seluruh Indonesia. Kemudian dari sisi keuangan tidak boros juga, dari sisi pajak, konsumsi bensin, dan resale value. Benar-benar mobil yang disukai banyak orang termasuk maling," ujarnya menutup perbincangan. 

Hartono, warga Gading Serpong, berharap model anyar Avanza dan Xenia mempunyai fitur immobilizer dan disc brake lebih besar, serta harga jual tidak kemahalan. Sedangkan Budi Setiawan, warga Bumi Serpong Damai (BSD), mempunyai ekspektasi model baru sudah menggunakan teknologi Drive by wire.

(msu/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.