Sukses

Top 5 Otomotif: Cara Mendahului Kendaraan Besar Jadi Sorotan

Kekacauan itu yang harus membuat kita lebih waspada soal keselamatan. Makanya program safety driving sangat perlu.

Liputan6.com, Jakarta Setuju tidak bila lalu lintas kita begitu kacaunya. Semua komponen terlibat, tidak semua disiplin. Kekacauan itu yang harus membuat kita lebih waspada soal keselamatan. Makanya program safety driving sangat perlu.

Nah Minggu (9/8/15), ada tips ringan agar saat kita harus berhadapan dengan kendaraan yang lebih besar. Dan ternyata, artikel itu kemarin, menyita banyak perhatian pembaca kanal Otomotif Liputan6.com. Artinya kita memang perlu mengembangkan pengetahuan kita agar tetap survive di tengah ketidakteraturan lalu lintas kita.

Apa saja yang artikel terpopuler kemarin, berikut ringkasannya:

1. Begini Cara Mendahului Truk dan Bus yang Aman

Situasi lalu lintas di perkotaan kerap menyuguhkan kemacetan dengan kendaraan yang semrawut terutama di jam-jam sibuk. Para pengendara roda empat juga dihadapkan kondisi perilaku ugal-ugalan angkutan umum dan diperparah dengan deretan truk yang ikut melintas.

Dalam Ford Driving Skill for Life untuk awak media pada Jumat (7/8) lalu dijelaskan tentang perilaku menghadapi kondisi lalu lintas yang dengan banyaknya kendaraan besar seperti bus dan truk.

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah memahami perilaku pengemudi kendaraan umum. Kondisi mengejar waktu dan setoran seringkali membuat pengemudi memacu kendaraannya secara terburu-buru dan sembrono.

2. Begini Cara Menghadapi Pemotor di Jalanan Perkotaan

Kondisi jalan raya di kota-kota besar seringkali mengalami kemacetan terutama di jam-jam sibuk. Hal ini terkadang juga diperparah karena para pengendara roda empat juga dihadapkan kondisi semrawut akibat perilaku ugal-ugalan pemotor.

Pengemudi dituntut harus mampu memahami perilaku pemotor terutama di perkotaan. Pemahaman ini diperlukan untuk mengantisipasi hal buruk akibat sifat para pemotor yang selalu bergerak mencari celah ke segala arah dengan agresif agar sampai di tujuan dengan cepat.

3. First Ride All New Honda CB150R StreetFire Lebih Ringan dan Gesit

PT Astra Honda Motor (AHM) belum lama ini telah meluncurkan produk terbaru, All New Honda CB150R StreetFire. Usai melakukan prosesi peluncuran, AHM memberikan kesempatan kepada awak media untuk menjajal performa produk barunya di sebuah trek dadakan yang dibuat di area parkir JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Sebelum lebih jauh mengulas performa ataupun handling motor berbanderol Rp 25,4 juta ini. Tidak ada salahnya untuk mengulas tampilannya yang kini jauh lebih sporty dan gagah. Setidaknya ada 13 bagian yang menjadi fokus ubahan Honda pada model ini.

4. Sejarah Avanza-Xenia Sebagai Raja Low MPV

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia mempunyai posisi istimewa di industri otomotif Indonesia. Sebab mobil kembar ini menciptakan banyak rekor. Sebut saja mobil yang bisa menciptakan segmen baru di pasar, yakni low multipurpose vehicle (MPV), dan mobil yang tercepat mencatat penjualan lebih dari satu juta unit.

Avanza-Xenia hanya membutuhkan waktu sekira 10 tahun untuk mencapai volume penjualan 1,5 juta unit sejak dipasarkan 2004. Padahal Toyota Kijang yang masuk kategori mobil populer butuh waktu 36 tahun untuk mencapai penjualan 1,5 juta unit.

5. Yang Mana Hyper Underbone Bike Pilihanmu?

New Honda Sonic 150R telah resmi menghentak pasar nasional. Persaingan di kelas hyper underbone pun semakin sengit.

Posisi Suzuki Satria FU150 sebagai penguasa di segmen ini tentunya bisa terancam. Namun jangan lupakan Yamaha Jupiter MX King yang juga memiliki performa yang tidak kalah garang dan memiliki peluang untuk mengganggu keduanya.

Meski tidak mengusung konsep "ayam jago", Yamaha Jupiter MX King bisa menjadi alternatif bagi pecinta motor bebek yang mengidamkan motor berperforma tinggi.

Lalu mana hyper underbone bike pilihan Anda?

(sts/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.