Sukses

Takut Mentok Saat Membuka Pintu, Ini Ada Cara Mengatasinya

Pemilik mobil sering lupa saat membuka pintu hingga membentur mobil di sebelahnya.

Liputan6.com, Cologne - Pelataran parkir yang padat kendaraan seringkali menjadi momok bagi pemilik mobil. Kondisi parkir yang rapat membuat pemilik mobil lupa saat membuka pintu hingga membentur mobil di sebelahnya.

Menyadari potensi bahaya itu, sekelompok tim insinyur dari perusahaan komponen otomotif Kiekert AG menciptakan suatu sistem pengereman otomatis pada engsel pintu agar tidak membuka terlalu lebar. Dalam penggarapannya, tim insinyur didukung para siswa di sekolah bisnis Erzbischoefliche Liebfrauenschule Cologne.

Melansir Forbes, Senin (10/8/2015), teknologi yang disebut i-protect ini mencegah terjadinya benturan yang bekerja secara otomatis akan menahan dan menutup pintu secara otomatis saat si pengguna alpa dengan rapatnya kondisi perlataran parkir. Teknologi ini membantu pemilik mobil untuk mencegah benturan pintu dengan dinding ataupun mobil lain.

Menurut Dr Karl Krause, CEO Kiekert, teknologi ini dapat meminimalisir dampak benturan yang membuat pintu penyok. Pemilik mobil pun terselamatkan dari biaya perbaikan ataupun klaim asuransi yang cukup mahal.

Dikatakan, teknologi ini juga meminimalisir dampak saat si pengemudi ataupun penumpang mobil diliputi emosi atau punya kebiasaan kasar saat membuka pintu.

Namun demikian, teknologi ini memiliki kelemahan yang cukup serius. Karena butuh ruang yang cukup, pintu kemungkinan besar tidak dapat dibuka saat mobil diparkir terlalu rapat.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini