Sukses

WalkCar, 'Mobil' yang Bisa Disimpan dalam Tas

WalkCar adalah mobil mini yang diciptakan seorang insinyur asal Jepang.

Liputan6.com, Tokyo - Seorang insinyur asal Jepang bernama Kuniako Saito berhasil membuat alat transportasi portable yang disebut WalkCar atau juga `car in a bag`. Ya, ini adalah mobil yang bisa disimpan di dalam tas pertama di dunia.

Melansir Autoblog, mobil bertenaga baterai lithium itu desain dan ukurannya mirip seperti iPad terbalik, tetapi dilengkapi dengan roda. Meskipun kecil, mobil ini dapat mengangkat beban seberat 120 kg.

WalkCar dapat berlari sejauh 10 km/jam dan bisa menempuh jarak hingga 12 km. Menurut laman New York Times, angka tersebut lebih banyak dibanding jalan kaki rata-rata orang Amerika Serikat (AS) per harinya.

Dilaporkan, alat ini sangat mudah digunakan. Pengendara tinggal berdiri di atas mobil dan mesin pun menyala. Jika ingin berbelok, pengendara tinggal mencondongkan tubuh ke arah yang diinginkan. Dengan sensor, mobil akan langsung berbelok.

Jika dibandingkan, alat ini bahkan lebih canggih dari Uni-CUB yang dikembangkan Honda. Sebagai perbandingan, kursi yang bisa bergerak tersebut hanya digunakan untuk dalam ruangan dengan batas kecepatan dan jarak yang jauh lebih rendah.

"Teman saya yang mendorong membuatnya, sejak saya belajar di magister teknik, terutama sistem kontrol motor mobil listrik," katanya pada Reuters.

Cocoa Motors akan mengambil peran sebagai distributor. WalkCar diprediksi akan dipesan pada akhir tahun melalui situs funding Kickstarter dengan harga 100 ribu yen atau sekira Rpo 10,8 juta.



(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.