Sukses

Daihatsu: Mobil Listrik Masih Lama

Era mobil listrik tampaknya sudah di depan mata bagi sejumlah orang. Ternyata anggapan itu tidak diiyakan oleh pihak Daihatsu.

Liputan6.com, Jakarta - Era mobil listrik tampaknya sudah di depan mata bagi sejumlah orang. Ternyata anggapan itu tidak diiyakan oleh pihak Daihatsu. Era motor bakar masih panjang.

Demikian diungkapkan Executive Officer Research and Development PT Astra Daihatsu Motor, Pradipto Sugondo di sela acara peluncuran Daihatsu Great New Xenia, Senin (12/8/15).

Menurutnya masih banyak yang perlu dipersiapkan, terutama teknologi, terutama infrastruktur. "Baterai juga masih belum memenuhi harapan," ujar Pradiptor. Ia mencontohkan ada mobli listrik Jepang yang mengklaim bisa jarak tempuh 250 km.

"Tapi ketika ketemu tanjakan, beban berat dan kemacetan akhirnya range hanya tinggal sepertiganya saja."

Daihatsu masih punya keyakinan soal motor bakar yang sebenarnya masih bisa ditingkatkan efisiensinya. "Ibaratnya kain pel yang sudah diperas kering, ternyata masih bisa diperas lagi dan meneteskan air," tambahnya.

Untuk Indonesia, menurutnya, masih paling realistis mesin di negara kita ketimbang mobil listrik. "Dalam jangka menengah pun belum pada era itu (mobil listrik). Tapi untuk riset memang perlu," tutupnya.

(sts/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.