Sukses

Ini Bedanya Mesin Baru Grand New Avanza dengan Versi Lawas

Setidaknya terdapat empat komponen baru dari mesin Avanza dan Veloz terbaru ini

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz yang baru saja diluncurkan diketahui mengusung mesin baru dengan teknologi Dual VVT-i. Lantas, apa saja kelebihan dari mesin baru ini?

Iwan Abdurrahman, technical service division PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, setidaknya terdapat empat komponen baru dari mesin Avanza dan Veloz ini. Keempatnya adalah busi, injektor, knock sensor, dan immobilizer.

Grand New Avanza dan Grand New Veloz ini ditanamkan busi yang sudah menggunakan material iridium. "Busi ini kuat, ketahanannya 100 ribu km baru diganti," kata Iwan di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (13/8/2015).

Selaim lebih kuat, Iwan juga mengatakan busi baru ini bisa hasilkan percikan api yang lebih besar. "Busi iridium juga tidak bisa dibersihkan," tambahnya.

Kemudian, part baru lainnya adalah injektor. Pada low MPV ini, terdapat delapan lubang injektor, lebih banyak empat lubang dibanding versi sebelumnya.

"Kalau lebih banyak, lubangnya lebih dikecilkan. Ini membuat butiran bensin lebih halus, nyala lebih mudah, dan efisiensi pembakaran lebih bagus. Dulu 80 persen terbakar, sekarang bisa 90 persen," terang Iwan.

Kemudian, knock sensor anyar juga memungkinkan penggunaan bahan bakar yang lebih bervariasi, di mana RON 90 adalah bahan bakar minimal yang bisa digunakan. "Jadi tidak perlu lagi setting manual," imbuh Iwan.

Part baru lainnya adalah immobilizer. "Dengan teknologi ini, mobil hanya bisa dihidupkan dari kunci yang sudah terdaftar di komputer mobil," katanya.

Terakhir, Iwan menjelaskan bahwa secara umum terdapat empat keunggulan dari mesin dual VVT-i. "Lebih efisien, performa torsi lebih baik, eco friendly, dan lebih inovatif," tutupnya.

(rio/ian)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inikah Sosok Avanza-Xenia Generasi Terbaru?

Daihatsu DN Multisix Concept sempat dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 pada pertengahan Agustus lalu.

Kehadiran mobil konsep kelir putih itu digadang-gadang sebagai calon penerus duet Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza.

Meski begitu, baik Daihatsu maupun Toyota, tak mau sesumbar apakah sosok Daihatsu DN Multisix merupakan wujud dari Xenia-Avanza pada masa yang akan datang atau bukan.

Hanya saja, kedua perusahaan tersebut tak menampik jika sedang melakukan pengembangan untuk Xenia-Avanza.

Rasa penasaran bagaimana kelanjutan dari Daihatsu DN Multisix ini membuat pemilik akun Instagram IA Design melakukan eksperimen berupa rendering dengan mengolah produk otomotif dalam bentuk digital dan mengunggahnya sejak 26 Agustus 2017 lalu.

Jika dilihat dari desain, IA Design ini memberikan sentuhan yang realistis. Maklum, rendering ini dibuat dengan asumsi siap produksi.

Masih menggunakan basic DN Multisix Concept, beberapa tampilan yang dibuat realistis terlihat mulai dari tampang wajah seperti headlamp yang lebih besar.

Sebelumnya, saat dipamerkan headlamp masih sangat tipis. Maklum, seperti model mobil konsep Daihatsu lainnya, mereka gemar membuat mobil dengan lampu tipis, tapi pada akhirnya lampu akan lebih besar.

Perubahan dari model Daihatsu DN Multisix Concept ini juga terjadi pada desain foglamp, lower grille, door handle, Wing Mirror, Adding Window Frame, Realistic Rear Lamp, Wheels, dan mengganti warna hitam bagian rooftop dengan warna putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.