Sukses

Mesin Dual VVT-i Butuh Perawatan Khusus?

Mesin Grand New Avanza dan Grand New Veloz kini berkode 1NR-VE (1.300 cc) dan 2NR-VE (1.500 cc).

Liputan6.com, Jakarta - Mesin anyar yang diusung Grand New Avanza dan Grand New Veloz banyak menimbulkan pertanyaan. Apakah mesin dual VVT-i yang mereka usung memerlukan perawatan khusus atau tidak.

Menjawab rasa penasaran ini, Iwan Abdurrahman, Techincal Service Division PT Toyota-Astra Motor (TAM) angkat bicara. Menurutnya, tidak perlu perawatan khusus pada mesin anyar ini.

"Tidak ada perawatan khusus. Perawatan dilakukan reguler seperti biasa dan ganti oli secara teratur," katanya sebelum acara test drive Grand New Avanza dan Veloz, Kamis (13/8/2015).

Kendati demikian, kebutuhan akan oli memang meningkat, yaitu setengah liter lebih banyak dibanding versi terdahulu.

"Oli naik setengah liter, tapi itu bukan karena dual VVT-i itu sendiri, melainkan karena dimensi engine-nya yang memang lebih besar," katanya.

Sebagai informasi, mesin Grand New Avanza dan Grand New Veloz kini berkode 1NR-VE (1.300 cc) dan 2NR-VE (1.500 cc). Sementara pada versi lama, kode mesinnya adalah K3-VE dan 3SZ-VE.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini