Sukses

Lakukan Ini agar Mobil 4x4 Panjang Umur

Merawat mobil tidak melulu berkaitan dengan soal teknis kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Ternyata, merawat mobil tidak melulu berkaitan dengan sistem mekanis kendaraan. Keterampilan mengemudi dan pengetahuan seseorang akan kendaraannya akan sangat mempengaruhi usia pakai kendaraan.

Hal itulah yang mendorong PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selalu memberikan pelatihan alias coaching clinic kepada konsumennya. Seperti yang diberikan kepada jurnalis dan konsumen kendaraan Mitsubishi di Pekanbaru, Riau pada Kamis (13/8/2015).

Dalam acara All New Triton 4WD Safety Driving Coaching Clinic, Mitsubishi percaya bahwa untuk mengurangi tingkat kerusakan dan penghematan penggunaan BBM bisa dilakukan dengan meningkatkan keterampilan mengemudi dan pengetahuan pemilik mobil.

"Ini upaya berkesinambungan Mitsubishi dalam memberikan pelayanan bagi pelanggan," ujar Imam Choeru Cahya, Head of MMC Sales Group KTB.

Hal senada juga diucapkan oleh Momon S. Maderoni selaku praktisi HSE dan pendiri Indonesia Smart Driving Consulting. "Misal untuk kendaraan berpenggerak 4 roda, tidak selamanya kendaraan itu boros bahan bakar. Pasti ada yang salah dengan cara pemakaiannya," ujarnya saat memberikan pelatihan.

Misal pengaplikasian posisi roda gigi. "Kebanyakan selalu bermain di gigi 1 dan 2 saat 4L. Padahal masih banyak roda gigi di mobil," tambahnya.

Penggunaan rasio gigi yang tidak tepat akan membuat rpm jadi selalu tinggi yang berujung pada pemborosan bahan bakar. "Bila menggunakan gigi berikutnya bisa dilakukan kenapa tidak."

Contoh lain yang diberikan adalah soal menjaga komponen agar awet. "Kalau mau pindah transmisi dari H ke L atau sebaliknya, mobil harus berhenti dulu. Karena rasio giginya terlalu besar sehingga bisa merusak komponen itu."

Itulah mengapa pengetahuan pengguna terhadap mobilnya harus diperluas.

(sts/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.