Sukses

Toyota Ingin Grand New Avanza Raih Lima Bintang ASEAN NCAP

Menurut Yamashita, untuk mendapat level lima bintang di ASEAN NCAP sangat sulit.

Liputan6.com, Jakarta - Mau tahu tingkat keamanan model Grand New Avanza yang baru dirilis ke pasar Rabu lalu? Kazuhiko Yamashita, Deputy Chief Engineer ZB Product Planning Group Toyota Motor Corporation, mengaku Grand New Avanza dan Veloz sudah mengikuti tes tabrakan dari The New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP).

“Hasilnya, berdasarkan tes tabrak ASEAN NCAP, Grand New Avanza mendapat empat bintang, tapi bisa dikatakan plus, karena ada fitur perlindungan di bagian kaki,”  ujar Yamashita, di sela-sela acara perkenalan Grand New Avanza dan Veloz, Rabu (12/8).

Menurut Yamashita yang terlibat dalam pengembangan desain Grand New Avanza dan Veloz, model terbaru mobil andalan Toyota di Indonesia ini sebenarnya mencoba meraih lima bintang dalam tes tabrak ASEAN NCAP.

Namun ternyata untuk mendapat level lima bintang di ASEAN NCAP sangat sulit. Sehingga model terbaru ini bisa dikatakan level empat bintang plus di ASEAN NCAP.

“Adanya fitur Anti-lock Braking System/ABS berdampak signifikan dalam tingat keamanan Grand New Avanza dan Veloz.”

Yamashita mengklaim model anyar Avanza ini memang lebih aman dari model lawas, berkat fitur ABS, center head rest, dan lain-lain. Juga lebih nyaman dengan jok yang lebih tebal dan empuk, desain interior yang lebih manis, serta bagian depan mesin lebih tinggi 50 milimeter untuk pedestrian, sehingga lebih aman.

Sejak dipasarkan 2004 hingga Juli 2015, penjualan Toyota Avanza mencapai 1,34 juta unit. Dengan penguasaan pangsa pasar 45,4 persen di segmen low multipurpose vehicle (MPV) di semester I tahun ini.

(msu/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini