Sukses

Daftar Mobil Buatan Indonesia

Berikut adalah beberapa APM yang merakit mobilnya di dalam negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Di sektor otomotif, Indonesia tak dipungkiri sebagai negara dengan pasar yang cukup menggiurkan. Tak cuma jadi incaran pelbagai pabrikan untuk meniagakan kendaraannya, beberapa merek pun membangun pabrik untuk memproduksi langsung mobilnya di dalam negeri.

Hasilnya, konsumen kini bisa menikmati mobil-mobil yang bahkan telah mengguankan 80 persen komponennya dari pemasok lokal. Adapula mobil-mobil yang dijual dalam bentuk CKD (Completely Knock Down).

Lalu, mobil-mobil apasaja yang sudah diproduksi dan dirakit di Indonesia? Diolah dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

Toyota

Sebagian besar kategori mobil yang dipasarkan Toyota-Astra Motor sudah dirakit di dalam negeri. Ada Yaris, Agya, Avanza, Veloz, Fortuner, dan Innova lahir di Indonesia. Mayoritas modelnya diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), kecuali untuk model Avanza, Veloz, Agya, dan Rush.

Daihatsu

Sama seperti Toyota, mobil-mobil milik Astra Dahatsu Motor (ADM) juga sebagian besar telah dirakit di dalam negeri. Mereka merakit mobil-mobil tersebut di pabriknya yang berada di kawasan Sunter dan Karawang. Model-model seperti Xenia, Terios, dan Gran Max telah dirakit di dalam negeri.

Honda

Honda sebagai salah satu pabrikan terbesar di dunia juga telah merakit sebagian besar lineup-nya di dalam negeri. Hanya segmen sedan seperti Civic saja yang masih didatangkan secara utuh.

Di Karawang, Honda bahkan memiliki dua pabrik yang saling berdekatan. Di pabrik-pabrik inilah model-model seperti Mobilio, HR-V, Brio, dan Freed dirakit. Bahkan, model baru seperti BR-V juga akan dirakit di sini.

Suzuki

Harga jual yang bisa lebih murah membuat banyak merek berlomba membuat pabrik di Indonesia. Suzuki juga melakukan hal serupa. Mereka bahkan telah memiliki empat pabrik mobil di Cikarang.

Tercatat Vitara, Swift, Splash, Celerio masih diimpor secara CBU. Model-model lain seperti Ertiga, Karimun Wagon R, dan Carry dirakit di dalam negeri.

Mercedes-Benz

Pangsa pasar yang spesifik bukan halangan produsen mobil mewah seperti Mercedes-Benz untuk merakit mobilnya di dalam negeri. Tercatat, pabrikan asal Jerman tersebut memiliki pabrik di daerah Wanaherang, Bogor.

Tercatat, beberapa model C-Class seperti C 200 Avantgarde, C 250 Exclusive, dan C 250 AMG dirakit di pabrik tersebut.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini