Sukses

Top 5 Otomotif: Daftar Mobil Buatan Indonesia Paling Hits

Top 5 Otomotif sepanjang Minggu (16/8/2015)

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memiliki populasi kendaraan yang sangat besar. Tidak hanya diimpor, mobil yang beredar sebagian diantaranya adalah hasil rakitan anak bangsa di dalam negeri.

Berbagai pabrikan berlomba merakit mobil di Indonesia. Alasannya, biaya produksi menjadi rendah sehingga dapat menekan harga jual. Artikel yang membahas tentang mobil-mobil rakitan dalam negeri ini menjadi hits kanal Otomotif Liputan6.com.

Berikut ini Top 5 Otomotif sepanjang Minggu (16/8/2015):

1. Daftar Mobil Buatan Indonesia

Di sektor otomotif, Indonesia tak dipungkiri sebagai negara dengan pasar yang cukup menggiurkan. Tak cuma jadi incaran pelbagai pabrikan untuk meniagakan kendaraannya, beberapa merek pun membangun pabrik untuk memproduksi langsung mobilnya di dalam negeri.

Hasilnya, konsumen kini bisa menikmati mobil-mobil yang bahkan telah mengguankan 80 persen komponennya dari pemasok lokal. Adapula mobil-mobil yang dijual dalam bentuk CKD (Completely Knock Down).

2. Meme Otomotif Pekan Ini

alam berbagai jejaring sosial baik itu Facebook, Instagram maupun Path, gambar/foto lucu atau yang biasa disebut Meme kerap ditemui. Berbagai hal bisa dijadikan Meme menarik, tidak terkecuali yang berkaitan dengan otomotif.

3. 5 Kendaraan yang Pernah Jadi Calon Mobil Nasional

Wacana mobil nasional selalu menjadi bahasan yang menarik. Walaupun telah diinisiasi sejak era Orde Baru dan bergulir hingga pemerintahan saat ini, wacana tersebut belum pernah benar-benar terealisasikan.

Meskipun begitu, usaha untuk mengembangkan mobil yang benar-benar berasal dari Tanah Air ini bukannya tidak ada. Tercatat, terdapat beberapa mobil yang pernah jadi calon kuat mobil nasional sejak era Soeharto, tetapi berhenti karena satu dan lain hal.

4. Sebelum Beli Mobil, Pahami Hal Berikut

Dari kacamata konsumen, sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui lebih jauh mobil yang ingin kita beli. Hal ini tak terlepas agar kita memahami fitur dan spesifikasi mobil dari aspek keselamatan.

"Sebelum memiliki dan menggunakan mobil, kita harus tahu tentang mobil itu," ujar Momon S. Maderoni dalam All New Triton 4WD Safety Driving Coaching Clinic di Pekanbaru. Menurut intruktur Indonesia SmartDrive, itu, pengenalan tentang kendaraan memmengaruhi tingkat keselamatan.

5. Spesifikasi Lengkap Mobil Formula Besutan Mahasiswa ITS Surabaya

Setelah keberhasilan Formula Sapu Angin Speed I (SAS I) generasi pertama yang suksese meraih Best Rookie Award (penghargaan pendatang baru terbaik) pada kompetisi Student Formula Japan (SFJ) 2013 lalu, tim Sapu Angin (SA) ITS kembali mengembangkan mobil formua generasi ketiga, Sapu Angin Speed.

Dijelaskan, Sapung Angin Speed III merupakan proyek mobil formula yang didedikasikan untuk berlaga di ajang Student Formula Japan (SFJ). Tahun ini, ITS yang mengandalkan Sapu Angin Speed III bakal berkompetisi pada 1-5 September 2015 di Ogasayama Sport Park, Shizuoka, Japan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.