Sukses

Teknologi ala Militer Hindarkan Motor Ditabrak Mobil

Teknologi bernama D-Shield ini memanfaatkan teknologi Doppler yang kerap digunakan pada rudal udara.

Liputan6.com, London - Teknologi canggih kini tidak hanya digunakan terbatas oleh kalangan militer tetapi sudah mulai merambah ke khalayak umum. Salah satu contoh aplikasi teknologi yang mulai digunakan masyarakat sipil adalah teknologi radar.

Teknologi yang bekerja berdasarkan sensor ini mampu melindungi sepeda motor saat diparkir atau berjalan melalui sejenis 'perisai' yang tidak terlihat. Peranti bernama D-Shield ini memanfaatkan teknologi Doppler yang kerap digunakan pada rudal udara.

Penemuan ini dilandasi karena banyaknya sepeda motor yang tersenggol mobil hingga mengalami kerusakan. Adapun tujuan sistem teknologi ini untuk memperingatkan pengemudi mobil yang kerap tidak menyadari kehadiran kendaraan lain.

Dilansir Visordown, Senin (17/8/2015), teknologi ini bekerja dengan membuat gelembung sinyal elektromagnetik yang akan membunyikan alarm jika terdapat mobil yang bergerak cukup dekat atau sebaliknya.

Temuan ini pun diharapkan mampu meminimalisir kerugian yang diderita pemilik sepeda motor karena tunggangannya aman dari senggolan dengan mobil. 

Selain itu, pemilik mobil juga akan diuntungkan karena teknologi D-Shield telah memberi peringatan sehingga potensi lecet atau penyok pada mobil akibat bersenggolan pun minim. Terlebih, banyak pemotor yang enggan bertanggung jawab ketika tunggangannya menyerempet mobil.

Si penemu yang berasal dari Amerika Serikat mengklaim jika teknologi ciptaannya sangat mudah diaplikasikan dengan cara direkatkan menggunakan double tape pada bodi atau memanfaatkan magnet agar tertempel pada rangka.

Teknologi sederhana dan penuh manfaat ini dipasarkan seharga US$ 79 atau sekitar Rp 1,1 juta. Produsen pun berjanji siap mengirimkan D-Shield ke seluruh dunia dimana si pemesan berada.


(ysp/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini