Sukses

Mesin Anyar Honda CB150R Diklaim Anti Kesemutan

Liputan6.com, Jakarta - Lini model teranyar Honda yakni all new CB150R StreetFire dan new Honda Sonic 150R hadir dengan mesin 150 cc generasi terkini. Mesin anyar ini diklaim minim getaran sehingga meningkatkan kenyamanan pengendara sepanjang perjalanan.

Winaryanto, Technical Service Division PT Astra Honda Motor mengatakan jika mesin yang digunakan pada kedua model telah menggunakan beberapa komponen yang membuat kinerjanya minim friksi. Komponen-komponen tersebut antara lain Uniaxial Primary Balancer, bentuk cylinder head, serta Noise Reduction Technology.

"Teknologi ini membuat pengendara tidak kesemutan karena minim getaran. Biasanya, banyak pengendara yang kesemutan karena getaran mesin yang cukup terasa," jelasnya di sela acara Bedah Teknologi All New Honda CB150R StreetFire & New Honda Sonic di Jakarta, Selasa (18/8/2015).

Adapun getaran pada mesin berasal dari gaya inersia akibat gerakan piston dan beberapa komponen lain. Oleh karena itu, mesin baru ini dilengkapi dengan balancer yang bekerja berlawanan putaran pada kecepatan yang sama.

Lebih lanjut, desain gir juga berubah menjadi Helical Gear atau gear yang bergaya diagonal sehingga menghasilkan noise lebih sedikit karena titik yang saling bersinggungan lebih banyak. Tak luput, desain baru cylinder head berpengaruh pada pengurangan bobot dan mengurangi getaran suara pada permukaan mesin.

"Mesin ini jauh berbeda dari motor sport kita sebelumnya yaitu Tiger yang getarannya terasa banget dan bikin orang kesemutan," tandasnya.

(ysp/ian)

Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?
Artikel Selanjutnya
Kymco Saingi Honda Bikin Skutik Adventure Tourer