Sukses

Honda: BR-V Hasil Kolaborasi Jazz dan Mobilio

Crossover 7-penumpang ini diciptakan dengan memanfaatkan keunggulan milik model-model Honda yang telah meluncur sebelumnya.

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Sosok Honda BR-V telah disibak saat pembukaan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015 (20/8) lalu. Crossover 7-penumpang ini diciptakan dengan memanfaatkan keunggulan milik model-model Honda yang telah meluncur sebelumnya.

"Awalnya adalah pengembangan dahulu dan mengadopsi komponen-komponen untuk pengembangan BR-V misalnya dari Jazz dan sebagainya. Sebagian menggunakan bagian-bagian Mobilio tetapi banyak juga yang baru," ungkap Atsuki Arisaka, Large Project Leader of Honda BR-V.

Lebih lanjut, Arisaka memaparkan jika cylinder blok dan hub milik BR-V sama dengan yang digunakan oleh Mobilio dan Jazz. Namun demikian, ia memastikan jika program ECU pada BR-V berbeda dengan kedua model tersebut.

"Mesin di-setting sesuai dengan kondisi mobil dan bodi kendaraan tersebut (BR-V)," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Arisaka juga menceritakan kendala saat membangun BR-V. Tantangan terbesar adalah sisi safety kendaraan. Pihaknya memikirkan bagaimana bodi memiliki absorbsi ketika menahan benturan.

"Bobot kendaraan yang meningkat tentunya memiki efek benturan yang kuat saat terjadi tabrakan," tandasnya.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini