Sukses

Mesin Toyota Alphard Hybrid Lebih Canggih

Mesin Toyota New Alphard Hybrid ternyata berbeda dari Toyota Camry Hybrid dan Prius.

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Mesin Toyota New Alphard Hybrid ternyata berbeda dari Toyota Camry Hybrid dan Prius. Ada tambahan motor listrik untuk menggerakkan roda belakangnya, sehingga New Alphard Hybrid bisa dikatakan mobil berpenggerak empat roda (4x4).

General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi menjelaskan, sama seperti Alphard 2.5G, varian hybrid ini menggunakan mesin 2AR-FXE. Namun terdapat tambahan dua motor listrik yang ditempatkan di bagian depan dan belakang mobil.

Teknologi in disebut e-Four di Toyota. Sistem hybrid mobil ini akan mengalihkan tenaga penggerak dari mesin ke motor listrik  sesuai dengan kecepatan kendaraan. Motor listrik juga akan mengambil alih tenaga penggerak ketika mobil berjalan lambat dan kemudian sistem akan mengalihkan ke mesin berbahan bakar minyak, saat membutuhkan tenaga lebih besar atau kecepatan tinggi.

"Mesinnya lebih canggih. Cara kerjanya, saat start-up atau mobil mulai dijalankan, motor listrik di belakang lah yang bekerja untuk memberikan torsi di roda belakang untuk menggerakkan mobil hingga kecepatan rendah. Namun saat mobil sudah berjalan dengan kecepatan konstan atau tinggi, motor listrik di penggerak roda depan yang gantian bekerja atau two wheel drive," ujar Dadi, yang ditemui di booth Toyota dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 di Indonesia Convention Exhibition, BSD City, Tangerang, Sabtu (22/8).

Cara kerja tersebut, lanjut Dadi, berfungsi untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar minyaknya. Kemudian saat jalan mendaki atau menanjak, kembali motor listrik di belakang bekerja untuk memberi torsi demi membantu traksi roda belakang. Sebab penggerak roda belakang lebih baik digunakan di jalan menanjak atau up-hill.

"Jangan khawatir, ada sensor yang otomatis membagi torsi di roda belakang, sehingga tetap aman dan efisien, " kata dia.

Prinsipnya penggerak utama New Alphard Hybrid adalah motor listriknya. Demi efisiensi bahan bakarnya, output maksimalnya lebih rendah dari mesin bensin, yakni 152 ps/6.000 rpm. Sementara torsi motor listrik di belakang tercatat 68 ps, sedangkan di depan 143 ps. Meski belum pernah diuji jalan, diperkirakan konsumsi bensin Alphard Hybrid  lebih dari 21 kilometer per liter.

Menggunakan basis New Alphard 2.5G, New Alphard Hybrid memiliki beberapa perbedaan, yakni aksen krom di bawah gril dan ukuran pelek 17 inci. Perubahan besar terjadi di suspensi belakang, dari torsion beam, kini menggunakan independen dan double wishbone, sehingga kendaraan lebih nyaman.

(msu/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini