Sukses

Merawat AC Mobil Wajib Berkala, Ini yang Perlu Diperhatikan

Air conditioner (AC) atau pendingin udara sudah barang tentu sudah jadi fitur wajib. Bila AC bermasalah, pasti Anda akan jengkel pastinya.

Liputan6.com, Serpong - Mobil sudah jadi kebutuhan. Khususnya bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta. Air conditioner (AC) atau pendingin udara sudah barang tentu jadi fitur wajib. Bila AC bermasalah, pasti Anda akan jengkel pastinya.

Nah, sebelum AC mobil bermasalah, tentu Anda perlu melakukan hal-hal preventif dalam artian merawatnya.

Saat ditemui di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2005, Susanto,  Business Product Development, PT Cipta Gemilang Bersama, memberikan beberapa tips perawatan AC kendaraan.

Menurutnya, AC mobil pada prinsipnya sama seperti pendingin udara yang ada di rumah. Sehingga tiap 20 ribu km atau berbarengan dengan tune up mesin disarankan untuk membersihkan filter.

"Hal terpenting itu filter. Kalau kotor akan menggangu fungsi pendinginan. Bahkan, bisa menimbulkan dampak bagi kesehatan," jelasnya.

Di luar filter udara, ada komponen lain yang perlu diperhatikan, yakni kompresor. Pastikan volumenya sesuai standar, bila kurang tambahkan.

"Yang perlu diingat, pakai oli yang sesuai spesifikasi. Kebanyakan ketika pemilik mobil melakukan penambahan freon, mereka tak mengindahkan standar oli yang dipakai," imbuh dia.

Lebih lanjut, ia juga menyarankan pemilik kendaraan untuk memastikan komponen pada sistem pendinginan kendaraan lainnya dalam kondisi prima.

"Selain filter udara serta kompresor. Motor fan dan kondensor juga harus diperhatikan. Sebab kalau kondensor kotor akan membuat motor fan bekerja ekstra," tuntasnya.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini