Sukses

Pakai Alat Ini, Konsumsi BBM Lebih Irit 20%

Cara kerjanya yaitu dengan cara merubah struktur kimia pada BBM.

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Pernak-pernik aksesoris kendaraan ikut menjajakan diri kepada para pengunjung GIIAS 2015. Salah satu booth yang coba memikat pengunjung pameran adalah produk penghemat BBM dengan nama BRQ (Broquet) yang berada di selasar Hall 3 ICE BSD City.

Dijelaskan Nur Hamid, salesman PT Broquet Indonesia, produk ini mampu menghemat penggunaan BBM hingga 20 persen. Adapun cara kerjanya yaitu dengan cara merubah struktur kimia pada BBM.

"Oktan bahan bakar tersusun dari struktur kimia linier, ini memecah struktur tersebut menjadi bercabang. BBM dengan RON 88 bisa menjadi RON 90," jelas pria yang akrab disapa Hamid saat berbincang dengan Liputan6.com.

Lebih lanjut, Hamid menuturkan, Broquet hanya dapat digunakan pada berbagai kendaraan yang menggunakan BBM saja, sedangkan alat ini tidak berfungsi dengan baik pada kendaraan yang menggunakan bahan bakar gas (BBG).

"Broquet pernah dicoba di Trans Jakarta yang menggunakan BBG, hasilnya malah keluar bijih plastik," katanya.

Penggunaan alat yang berbahan dasar logam padat ini dengan cara dicemplungkan pada tangki BBM dan ada juga yang disambungkan pada selang bahan bakar. Alat yang katanya didatangkan dari Inggris ini bahkan diklaim sudah banyak digunakan oleh kalangan industri besar di Indonesia.

"Jika di industri penghematan solarnya terasa banget. Selain itu, Broquet ini juga digunakan pada alat berat di perkebunan sawit yang ada di Kalimantan seperti Sampit dan Banjarmasin," tandasnya.

(ysp/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.