Sukses

Jajal Fitur SYNC Ford Secara Virtual di GIIAS 2015

Ford nampaknya tahu betul bagaimana caranya mensosialisasikan sebuah fitur yang lazim disematkan pada produk barunya.

Liputan6.com, Serpong - Sejumlah orang tampak antre di booth Ford, yang ada di dalam arena GIIAS 2015, ICE, BSD City, Tangerang Selatan. Rupaya, mereka tertarik menjajal sebuah piranti yang menampilkan gambar bergerak melalui dua lubang bidik yang menyerupai kacamata.



Di ranah teknologi, alat yang satu ini memang tak asing lagi. Augmented Reality (AR) namanya. Sebuah perangkat yang memungkinkan kita merasakan sebuah lingkungan yang `nyata` secara virtual.



Ford nampaknya tahu betul bagaimana caranya mensosialisasikan sebuah fitur yang lazim disematkan pada produk barunya, salah satunya all new Everest.

Ya, lewat alat ini, Ford bisa lebih mudah menjelaskan fitur SYNC Ford yang bisa `diperintah` lewat suara. Tinggal ucap, apa yang kita mau berjalan, seperti memutar musik hingga melakukan panggilan telefon.

Liputan6.com pun tertarik menjajal alat ini. Sebelumnya, petugas jaga yang terdiri dari beberapa perempuan mewajibkan mengisi sejumlah data pendukung.

"Mas juga bisa uraikan cerita mengenai fitur SYNC Ford, nanti ini ada kompetisinya dan bisa mendapat hadiah dari kami," begitu katanya. Tanpa berpanjang lebar, AR yang menjelaskan fitur SYNC Ford pun saya coba.

Benar saja, ketika alat itu saya kenakan, berikut headphone. Saya seolah-olah berada di dalam kabin depan all new Everest, meskipun adapula model lain. Ketika menoleh ke kanan, begitu pun sebaliknya, proyeksi pandangan kita beralih semua mengikuti gerakan kepala.



Nah, di sini kita mulai diarahkan untuk melakukan beberapa perintah bagaimana mengakses fitur-fitur dari SYNC Ford. Dimulai dari akses ke radio, kita diminta berucap `radio` serta saluran yang diinginkan.

"Ini sebenarnya alat simulasi yang memberitahu SYNC Ford yang bisa diakses melalui perintah suara. Nggak cuma nyalain radio, atur AC dan nelefon pun bisa," kata Safira yang berjaga di booth Ford.

"Alatnya menarik. Tadi pas pakai alat bisa membuat kita seolah-olah ada di dalam mobil. Dan kita diminta langsung menjajal fitur-fiturnya," tutur Almaretha,  pengunjung perempuan.

Lalu, apakah Anda tertarik untuk mencoba? Datang saja ke booth Ford GIIAS 2015 di ICE, BSD City, Tangerang Selatan.

(gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.