Sukses

Konverter Kit Asal Polandia Dijual Rp 14 Juta

Konverter kit asal Polandia dibanderol dengan harga Rp 14 juta.

Liputan6.com, Tangerang - PT Pertamina (Persero) salah satunya menunjuk PT Energi Bersih selaku operator resmi penyedia konverter kit (alat pengubah konsumsi bahan bakar) di Tanah Air. Konverter kit mereka dibuat langsung oleh produsen asal Polandia bernama Versus.

Selain PT Energi bersih, Pertamina juga menunjuk beberapa operator resmi lainnya, misalnya Autogas Indonesia. Menariknya, meskipun sama-sama resmi, harga untuk satu paket konverter kit bisa berbeda dari tiap operator.

Energi Bersih misalnya, membanderol harga Rp 14 juta untuk satu set konverter kit. Harga tersebut sudah termasuk pemasangan gratis di tempat konsumen. Tidak ada perbedaan harga meskipun jumlah silindernya berbeda.

"Ya, 14 juta itu harga rata, berapapun silindernya, tapi maksimal enam silinder," ujar salah satu Sales Promotion Girl di booth mereka, ICE-BSD City, Sabtu (29/8/2015).

Sementara itu, Autogas membanderol harga konverter kit dengan kisaran harga antara Rp 13 hingga 18 juta. Bahkan, jika sistem injeksi standar yang digunakan adalah direct injection, maka harganya bisa berlipat ganda menjadi Rp 30 juta.

Selain itu, di Autogas Indonesia pemasangan konverter kit hanya bisa dilakukan di bengkel-bengkel mereka. Tidak ada layanan pemasangan di rumah seperti PT Energi Bersih.

Adapun konverter kit adalah alat yang dibutuhkan agar mobil bensin dapat juga mengkonsumsi bahan bakar gas cair. Dengan menggunakan gas cair, beragam keuntungan di dapatkan, misalnya lebih ramah lingkungan serta mesin yang lebih awet.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.