Sukses

Saingi `Iron Man`, Miliarder China Berambisi Bikin Mobil Listrik

Jia Yueting, miliarder asal Tiongkok, berambisi untuk saingi Tesla untuk memproduksi mobil listrik.

Liputan6.com, Beijing - Jia Yueting, miliarder asal Tiongkok, pernah mengatakan bahwa ia ingin membuat mobil listrik yang mampu menyaingi Tesla, perusahaan milik Ellon Musk, yang dikenal sebagai Iron Man dunia nyata.

Dalam rangka mendapatkan mobil yang diinginkan, Yueting menggelontorkan dana sebanyak US$ 1,2 miliar. Saat ini, sebagaimana dilaporkan Worldcarfans, dana tersebut telah digunakan untuk mempekerjakan 600 insiyur, desainer, dan eksekutif lainnya.

Menariknya, orang-orang yang ditariknya berasal dari industri otomotif besar. Mulai dari BMW, General Motors (GM), dan bahkan Tesla Motors sendiri. Selain itu, ia juga telah menjalin kerja sama dengan Aston Martin.

Adapun Yueting menyerahkan tanggung jawab pengembangan mobil listrik tersebut sepenuhnya pada Tony Nie, mantan pekerja Lotus. Baru-baru ini, Nie mengatakan bahwa baterai dan motor listrik yang mereka kembangkan sepenuhnya diproduksi sendiri.

Jika semua berjalan sesuai rencana, sedan listrik produksi Tiongkok ini akan dijual sekira 2017, setelah diperkenalkan pada Beijing Motor Show pada April tahun depan.

Jia Yueting adalah pemilik sebuah perusahaan bernama Leshi Internet Information & Technology Corp (LeTV), salah satu perusahaan jasa internet terbesar di Tiongkok. 

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Tesla

Video Terkini