Sukses

Moge Jiplakan Ala Tiongkok Mulai Invasi Inggris

Aksi plagiarisme ini terkuak melalui desain blueprint sepeda motor yang bocor.

Liputan6.com, London - Industri manufaktur otomotif lokal Tiongkok kerap menciptakan kendaraan dengan desain yang menjiplak model yang sudah tenar. Kali ini, produsen bernama CFMoto menciptakan sepeda motor yang secara desain begitu identik dengan Honda Deauville.

Honda Deauville sempat diproduksi dalam kurun waktu 1998 hingga 2006. Sepeda motor touring ini didukung mesin berkapasitas 650 cc dan begitu terkenal di Eropa.

Tampaknya, kesuksesan Deauville mengoda CFMoto menciptakan tiruan sepeda motor tersebut. Seperti diwartakan Visordown, Selasa (1/9/2015), aksi plagiarisme ini terkuak melalui desain blueprint sepeda motor yang bocor.

Adapun bocoran tersebut tidak menjelaskan secara rinci perihal kualitas produk. Namun, diduga kuat rangka alloy beam frame bakal dibuat versi imitasinya dengan bahan plastik sebagai cover rangka tubular.

Lebih lanjut, bocoran itu juga menguak mesin twin paralel berkapasitas 650 cc dengan output sekitar 72 Tk. Mesin ini sebelumnya digunakan CFMoto pada WK Bike 650TR yang dipasarkan di Inggris.

Di Inggris, sepeda motor terbaru garapan CFMoto ini kemungkinan besar bakal dipasarkan sama seperti pendahulunya seharga 4.400 pound sterling atau sekitar Rp 95,18 jutaan.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini