Sukses

Honda dan Bosch Rancang Airbag untuk Sepeda Motor

Honda membeberkan desain paten airbag yang akan diintegrasikan langsung ke sepeda motor.

Liputan6.com, Tokyo - Setelah satu dekade lalu memberikan opsi airbag untuk konsumen, baru-baru ini Honda membeberkan desain paten airbag yang akan diintegrasikan langsung ke sepeda motor.

Melansir The Ride Advice pada Jumat (4/9/2015), airbag ini dirancang untuk membuka secara vertikal jika terjadi kecelakaan. Posisi penyimpanannya sendiri berada di dekat tangki bahan bakar pada motor berjenis sport.

Airbang ini dirancang agar panjangnya cukup untuk memastikan kepala pengendara terlindungi, bahkan dari tangki bahan bakar, sesuatu yang mungkin saja terjadi dalam kecelakaan karena kendaraan di depan tiba-tiba mengerem mendadak.

Airbag juga akan meluas ke arah perut pengemudi dan bagian dada. Ini penting untuk melindungi organ vital di daerah tersebut.

Rancangan kedua berasal dari Bosch, perusahaan teknik dan elektronika yang berbasis di Stuttgart, Jerman. Mereka mengklaim airbag yang sedang dirancang lebih universal, dalam arti dapat diadopsi oleh berbagai jenis motor, termasuk skutik.

Airbag untuk motor (Foto: Therideadvice).
Bosch juga kemungkinan akan menginstal dua airbag sekaligus. Pertama, di depan headlamp untuk meredam tabrakan, dan kedua, di tangki bahan bakar untuk melindungi dada dan kepala pengendara.

Tentu, dua airbag ini hanya bermanfaat pada beberapa jenis tabrakan. Dalam kasus tabrakan dari samping, tentu airbag ini tidak banyak membantu. Tapi, segala upaya untuk membuat sistem keselamatan berkendara lebih baik patut diapresiasi.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.