Sukses

Ini Rasanya Jadi Penumpang Daihatsu Great New Xenia

Uji kenyamanan dalam sesi test drive yang diselenggarakan oleh PT Astra Daihatsu Motor dengan rute Cirebon-Kuningan PP.

Liputan6.com, Cirebon - Daihatsu Great New Xenia menjadi salah satu mobil di segmen Low MPV yang menjadi favorit konsumen di Indonesia. Sebagai mobil yang menyasar konsumen keluarga, Xenia menyuguhkan kenyamanan bagi penggunanya.

Liputan6.com berkesempatan mengeksplorasi segala hal yang terdapat pada interior Great New Xenia saat ikut serta dalam sesi test drive yang diselenggarakan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan rute Cirebon-Kuningan.

Seperti apa kondisi di dalam kabin Daihatsu Great New Xenia? Berikut ini uraian singkatnya.

Ruang yang cukup lapang

Foto: Astra Daihatsu Motor

Saat pertama kali masuk ke dalam kabin, hawa ruang interior yang lega dapat langsung dirasakan. Ruang yang lega ini dapat dirasakan pada baris pertama dan kedua.

Ruang kaki di kursi baris kedua Great New Xenia cukup lega. Awak redaksi yang memiliki postur tinggi 175 cm pun tidak merasakan gejala mepet dengkul.

Kondisi serupa juga dirasakan saat saya duduk di kursi penumpang di baris depan. Cukup lapangnya ruang kaki ini membuat penumpang di baris kedua tidak merasakan pegal ataupun kesemutan sepanjang perjalanan.

Selain itu, ruang kepala pada Great New Xenia juga cukup tinggi. Efek yang dihasilkan adalah pandangan yang menjadi lebih leluasa saat menoleh ke samping maupun depan.

Busa dan bentuk jok

Namun demikian, yang menjadi catatan saat menjadi penumpang di Great New Xenia adalah pada kursi. Saya merasa agak kurang nyaman dengan kursi baru pada MPV tersebut.

Memang, busa yang digunakan pada kursi MPV ini terasa lebih tebal, namun sayangnya busa tersebut memiliki sifat lebih keras. Akibatnya, pantat terasa panas saat berlama-lama duduk di dalam Great New Xenia baik di kursi depan maupun belakang.

Hal unik saya rasakan saat mencicipi duduk di kursi belakang dan depan. Tampaknya, bentuk busa pada sandaran kursi belakang dan depan sedikit berbeda.

Punggung terasa pegal saat lama duduk bersandar di kursi depan. Hal berbeda dirasakan saat duduk bersandar cukup lama di kursi belakang yang tidak merasakan pegal berlebihan meskipun jalan yang dilalui banyak gelombang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Suspensi lebih lembut

Jalan yang dilalui dari Cirebon menuju Kuningan terdiri dari berbagai macam kondisi, ada yang mulus dan ada juga yang bergelombang penuh lubang. Kondisi seperti ini dimanfaatkan secara maksimal untuk mengeksplorasi karakter suspensi dan sasis dalam meredam guncangan dari luar.

Daihatsu memenuhi janjinya menghadirkan Great New Xenia dengan karakter suspensi yang lebih lembut dan sasis yang lebih rigid. Ini dibuktikan saat mobil melintasi jalan yang bergelombang dan banyak lubang saat melintasi daerah perhutanan.

Bantingan suspensi pada Xenia memang terasa lembut saat menghantam jalan rusak dengan cukup keras. Selain itu, efek guncangan yang biasanya terasa cukup keras dirasakan hingga ke bagian pilar A kini berhasil diminimalisir. Kondisi ini pun membuat perjalanan yang cukup jauh tetap terasa nyaman.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, awak redaksi menjadi penumpang di Great New Xenia akan merasakan kenyamanan yang lebih baik ketimbang model pendahulunya. Penumpang juga dapat beristirahat cukup tenang karena didukung dengan kondisi kabin yang lebih senyap dan ayunan suspensi yang lebih lembut.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini