Sukses

Bagaimana Performa Great New Xenia di Jalur Kuningan-Cirebon?

Kondisi jalur saat menuju Kota Udang tersebut didominasi trek berliku dengan jalur yang banyak menurun.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk membuktikan performa Great New Xenia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengajak rekan-rekan media ikut serta dalam sesi test drive dengan jalur Cirebon-Kuningan PP. Dalam sesi tersebut, Liputan6.com berkesempatan mengeksplorasi kemampuan Great New Xenia menyusuri jalur balik dari Kuningan menuju Cirebon.

Pihak panitia tampaknya memilih jalur dengan kondisi jalan yang cukup lengang namun agak sempit. Kondisi jalur saat menuju Kota Udang tersebut didominasi trek berliku dengan banyak jalur yang menurun, dan beberapa diantaranya terdapat tanjakan panjang.

Saya pun berusaha mengeksplorasi sisi performa dan Handling dari Great New Xenia. Disini, Great New Xenia sanggup membuktikan diri sebagai mobil keluarga yang sanggup melahap jalan antar kota termasuk diantaranya jalur pegunungan.

Performa

Banyak yang mengeluhkan jika tarikan awal Xenia tebaru ini kurang responsif, hal ini rupanya juga saya rasakan saat memacu mobil tersebut. Namun, kondisi tarikan awal yang lemot ini lebih sering dialami saat menggunakan mode Drive (D).

Great New Xenia yang juga dibekali mode transmisi semi otomatis untuk posisi gigi 1-3. Mode transmisi seperti ini dapat menunjukkan tajinya ketika melahap tanjakan dan turunan. Performa yang dirasakan pun cukup nendang untuk akselerasi awal atau ketika butuh engine brake.

Saya mencoba untuk memposisikan transmisi di gigi 2 saat melintasi jalur berliku dengan kontur jalan naik turun. Mesin pun mampu mempertahankan ritme rpm yang stabil agar tidak terlalu drop atau menjerit terlalu tinggi.

Di posisi gigi ini pun masih cukup enak saat butuh sedikit akselerasi spontan saat ingin menyalip pemotor ataupun tukang becak yang berjalan di sebelah kiri dengan lambat.

Saat memasuki jalur dengan kontur mendatar, saya berkesempatan mengeksplorasi performa mobil ini lebih jauh. Ketika melintasi jalur seperti ini, saya pun memindahkan tuas transmisi ke posisi D usai kondisi berhenti di lampu merah. Benar saja, butuh usaha menginjak gas cukup dalam agar Great New Xenia mampu berakselerasi sesuai kecepatan yang diinginkan.

Untuk menyiasatinya, saya pun tetap memanfaatkan mode semi otomatis untuk start awal dan lantas memindahkan tuas transmisi ke posisi D dari gigi 3 saat mobil sudah melaju cukup kencang. Cara ini mampu membuat tenaga Great New Xenia terus mengisi dengan tarikan yang responsif dari putaran bawah hingga atas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Handling

Xenia tetaplah Xenia. tidak peduli itu keluaran pertama hingga menginjak generasi ketiga, handling mobil ini tetap lincah. Kelincahan Great New Xenia memudahkan saya melahap jalur berliku sepanjang Kuningan hingga Cirebon.

Selain itu, Great New Xenia juga lincah saat harus membelah keramaian jalan saat memasuki wilayah Kota Cirebon. Mobil ini pun cukup nyaman dan stabil saat harus selap-selip menghindari pengguna jalan lain yang berjalan lebih lambat.

Saat harus selap-selip atau melintasi jalur berliku, mobil ini tetap stabil dan tidak limbung. Peningkatan kemampuan redam suspensi serta sasis baru yang rigid turut andil membuat mobil tidak limbung.

Tak cukup sampai disitu, handling juga diuji melalui kemampuan rem menahan gulir roda. Disini, kemampuan rem Xenia terbukti cukup pakem namun butuh waktu sedikit lama untuk mengurangi laju kendaraan.

Saya terpaksa menginjak rem hingga cukup dalam saat harus melakukan rem mendadak. Bisa jadi, ini hanyalah gejala sementara pada mobil baru. Mengingat, mobil yang digunakan pada sesi test drive ini baru menempuh jarak sekira 500 kilometer, sehingga permukaan kampas masih belum terlalu menggigit.

Kesimpulan

Hadir sebagai generasi ketiga, Great New Xenia tetap mempertahankan aspek kelincahan berkendara yang menjadi unggulan sejak generasi pertama. Namun kali ini, Xenia menyuguhkan handling yang lebih baik dan minim gejala limbung. Daya pandang pengemudi pun dipertahankan agar tetap luas. Dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki, Great New Xenia siap menjadi kendaraan keluarga yang nyaman baik untuk perjalanan dalam kota dan antar kota.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini