Sukses

Trio Mobil Listrik yang Digemari Konsumen Dunia

Mobil listrik bahkan memiliki torsi instan yang langsung mengisi sejak putaran bawah.

Liputan6.com, Jakarta - Tingginya polusi udara dan semakin berkurangnya cadangan bahan bakar fosil mendorong pabrikan otomotif menciptakan mobil listrik. Mobil ini berjalan menggunakan motor listrik yang memanfaatkan energi yang tersimpan dari baterai.

Kemampuan jelajah yang dimiliki oleh mobil listrik pun dapat disandingkan dengan mobil konvensional yang menggunakan mesin bakar. Menyoal performa, mobil listrik bahkan memiliki torsi instan yang langsung mengisi sejak putaran bawah yang membuatnya cepat saat berakselerasi.

Tak melulu jadi kendaraan pribadi, mobil listrik juga mulai digunakan sebagai sarana transportasi umum dan juga mobil dinas. Biaya operasional yang lebih ekonomis tampaknya menjadi alasan lain mengapa mobil listrik banyak diminati.

Apa saja mobil listrik yang jadi idola saat ini? Berikut ini uraian singkatnya yang berhasil dihimpun Liputan6.com:

1. Tesla Model S

Tesla Motors kini menjadi produsen mobil listrik terkemuka di dunia. Pabrikan otomotif asal Amerika Serikat ini meluncurkan sedan saloon premium Model S untuk dipasarkan secara global.

Tanggapan konsumen terhadap kehadiran Model S begitu luar biasa. Beberapa selebriti dunia juga kepincut memiliki Model S sebagai salah satu kendaraannya.

Di Norwegia, perusahaan taksi bernama Miljo Taxi yang baru berdiri telah memakai mobil listrik buatan Tesla untuk seluruh armada taksinya. salah seorang pengemudi dari Miljo Taxi memudahkan dirinya melalui kepadatan lalu lintas sehingga dapat mengantarkan penumpang lebih cepat.

Selain itu, pengemudi taksi dari perusahaan tersebut menilai Tesla memiliki keunggulan dalam memberikan kenyamanan pada penumpang, sebab mobil ini hampir tidak menghasilkan suara mesin yang menderu saat sedang dikendarai.

Adapun Model S juga kerap digunakan sebagai mobil kendaraan pesohor dunia seperti saat Brad Pitt dan Angelina Jolie pergi berkencan memakai Tesla Model S. Selain itu, pasangan penyanyi Beyonce dan Jay Z pun memelihara Tesla Model S di garasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

2. Nissan Leaf

Mobil mungil dari Nissan ini menjadi mobil ramah lingkungan yang cukup digemari. Sebagai buktinya, Nissan Leaf mendominasi populasi mobil listrik di Amerika Serikat pada semester I 2014 lalu dengan torehan 12.700 unit dari total lebih dari 54 ribu mobil listrik yang telah dikirim ke konsumen.

Nissan Leaf juga menjadi objek kreasi para modifikator. Mobil anti BBM ini dibuat agar bercahaya dalam gelap dengan cat khusus dari bahan alami langka yang disebut strontium aluminat yang berbentuk padat dan tidak berbau untuk menyerap energi UV.

3. Nissan Evalia

 Baterai dari e-NV200 mengadopsi milik saudaranya yaitu Nissan Leaf yang disesuaikan untuk angkutan kargo dari NV200.

Lagi-lagi, Nissan menjadi pabrikan yang unggul dalam penciptaan mobil listrik. Selain Leaf, Nissan juga meluncurkan NV200 atau yang kita kenal sebagai Evalia di Indonesia namun dengan tenaga listrik.

Evalia bahkan telah dipercaya menjadi armada kargo di daratan Eropa. Produksi e-NV200 telah dimulai sejak 2014 lalu di pabrik Nissan di kota Barcelona, Spanyol. e-NV200 ini akan diekspor ke 20 negara termasuk Jepang sebagai negara asal dari Nissan.

MPV listrik ini mengusung motor yang mampu menghasilkan tenaga output sebesar 107,2 Tk yang langsung terintegrasi dengan pengisian baterai dan inverter dalam satu kesatuan.

Baterai tersebut dapat menempuh jarak mencapai 170 km sekali isi penuh. Untuk pengisian cepat, Nissan membekali e-NV200 pengisian CHAdeMO DC 50 kW yang sanggup mengisi tenaga dari MPV ini sebanyak 80 persen hanya dalam waktu setengah jam saja.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik