Sukses

Top 5 Otomotif: Honda Sonic Dapat Sambutan Positif

Dalam sebulan, PT Daya Adicipta Mustika (DAM) selaku dealer utama sepeda motor Honda wilayah Jawa Barat sukses menjual 800 unit.

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran Honda Sonic 150R ternyata mendapat sambutan yang positif. Termasuk di Jawa Barat. Hal dikarenakan sosok Sonic yang berbentuk ayam jago sudah lama tidak hadir di antara jajaran Honda. Tak heran bila sambutannya luar biasa.

Selain SOnic yang jadi sorotan sepanjang Minggu (6/9/15), mobil listrik nasional yang dicampakkan juga menarik pembaca kanal Otomotif Liputan6.com. Baik secara teknis maupun cerita di balik sebuah mobil listrik atau mobil yang pernah disepelekan, mengundang banyak keingintahuan. Apa saja yang artikel yang jadi pusat perhatian di kanal ini, berikut ringkasannya:

1. Honda Sonic 150R Mulai Diburu Warga Jabar

New Honda Sonic 150R mendapat respon positif di wilayah Jawa Barat.  Dalam waktu sebulan, PT Daya Adicipta Mustika (DAM) selaku dealer utama sepeda motor Honda wilayah Jawa Barat sukses menjual 800 unit lebih model ayam jago Honda tersebut.

Nasib kurang mujur justru dialami all new CB150R StreetFire, diluncurkan berbarengan dengan Sonic  150R, penjualan pesaing Yamaha V-Ixion ini tidak sampai 100 unit padahal DAM menargetkan penjualan model ini 5.000 per bulan. Ketersediaan barang menjadi penyebab seretnya penjualan CB150R StreetFire.

2. Begini Spesifikasi Mobil Listrik Selo yang Jadi Kontroversi

Sekali lagi, karya buatan anak bangsa kembali tidak mendapat tempat yang layak di negerinya sendiri. Kali ini, mobil listrik Selo hasil karya Ricky Elson dianggap tidak lolos uji emisi dan dinyatakan tidak layak produksi oleh Kasubdit Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Sarjono Turin.

Saat itu, Sarjono sempat mengatakan jika mobil listrik ini hanya mampu berjalan dengan kecepatan 29 km/jam dan bila dikendarai lebih dari 80 km/jam akan berdampak overheat.

Hal ini pun mematahkan rencana sebelumnya yang menyatakan jika mobil listrik Selo akan naik produksi pada 2015 ini. Seperti apa spesifikasi teknis sesungguhnya mobil yang dibangun sejak 2013 dengan dukungan dari bekas Menteri BUMN, Dahlan Iskan ini?

3. Selain Ricky Elson, Ini Penemu Kendaraan yang Pernah Diremehkan 

Kiprah pemuda bernama Ricky Elson di ranah otomotif nasional tidak berjalan mulus. Karyanya berupa mobil listrik Selo dianggap tidak layak produksi oleh Kasubdit Pendidikan pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Sarjono Turin. Ia mengatakan jika Selo hanya mampu berjalan dengan kecepatan 29 km/jam. Padahal sesungguhnya, Selo mampu digeber hingga kecepatan 220 km/jam.

Selain Ricky, sebelumnya telah banyak pencipta teknologi kendaraan luar biasa yang diremehkan karyanya. Sebut saja Soichiro Honda dan Ferruccio Lamborghini yang sempat merasakan kegundahan karyanya tidak diakui.

4. Daftar Harga Mobil Murah di Indonesia

Mobil murah atau Low Cost Green Car (LCGC) masih menjadi incaran utama banyak konsumen di Tanah Air. Harga yang relatif terjangkau menjadi alasan mobil ini banyak diburu terutama oleh konsumen yang beralih dari sepeda motor.

Adapun pabrikan yang bermain di LCGC ini ada empat merek yaitu Suzuki, Daihatsu, Toyota, Honda, dan Datsun. Model yang ditawarkan pun terbagi ke dalam dua jenis antara lain hatchback dan multi purpose vehicle (MPV) dengan kapasitas 7 penumpang.

Bagi Anda yang sedang mencari mobil baru atau menambah mobil dan berniat mengambil mobil LCGC, berikut ini uraian harganya yang berhasil dihimpun Liputan6.com.

5. Bagaimana Performa Great New Xenia di Jalur Kuningan-Cirebon?

Untuk membuktikan performa Great New Xenia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengajak rekan-rekan media ikut serta dalam sesi test drive dengan jalur Cirebon-Kuningan PP. Dalam sesi tersebut, Liputan6.com berkesempatan mengeksplorasi kemampuan Great New Xenia menyusuri jalur balik dari Kuningan menuju Cirebon.

Pihak panitia tampaknya memilih jalur dengan kondisi jalan yang cukup lengang namun agak sempit. Kondisi jalur saat menuju Kota Udang tersebut didominasi trek berliku dengan banyak jalur yang menurun, dan beberapa di antaranya terdapat tanjakan panjang.

(sts/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini