Sukses

Rupiah Lemah, Tapi Masih Ada Mobil Baru di Bawah Rp 100 Juta

Datsun, Suzuki, dan Daihatsu menjadi APM yang memasarkan mobil seharga dibawah Rp 100 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Segmen kendaraan Low Cost Green Car (LCGC) semakin diminati konsumen di Indonesia. Harganya yang relatif terjangkau menjadi pertimbangan para konsumen yang baru ingin memiliki mobil.

Adapun rentang harga kendaraan yang bermain di segmen LCGC cukup beragam, yang termurah dilepas Rp 84,55 juta dan yang termahal mencapai Rp 157,6 juta. Kali ini, kita akan memfokuskan deretan LCGC yang dipasarkan dengan harga dibawah Rp 100 juta.

Adapun merek-merek yang menyediakan model yang cukup terjangkau antara lain Datsun, Suzuki, dan Daihatsu. Model dengan harga di bawah Rp 100 juta ini biasanya adalah tipe terbawah di mana fiturnya juga standar.

Berikut ini daftar mobil LCGC dengan harganya masih di bawah Rp 100 juta yang berhasil dihimpun Liputan6.com:

1. Daihatsu Ayla tipe D

Kini Astra Daihatsu Ayla telah dilengkapi airbags dan fitur keselamatan lainnya.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku produsen Ayla memasarkan model ini dengan harga terendahnya yaitu Rp 84,55 juta untuk tipe D MT MI dan 96,75 juta untuk tipe D+ MT MI.

Adapun yang membuat tipe ini lebih terjangkau adalah kelengkapan fiturnya. Tipe D hadir dengan velg kaleng berdiameter 13 inci. Lebih lanjut, fitur keselamatan yang terdapat pada Ayla tipe D adalah seat belt pada baris pertama dan side impact beam.

Pada sisi interior, Ayla tipe D menggunakan jok yang dibungkus dengan bahan kulit sintetis (vinyl) dan hanya dilengkapi untuk sisi pengemudi serta bukaan kaca jendela yang masih diengkol dengan tuas. Ayla tipe ini tidak dilengkapi dengan penyejuk udara (AC) dan ditawarkan dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan.

Untuk tipe D+, hadir dengan segala fitur yang ada pada tipe D namun mendapat beberapa fitur lainnya seperti menggunakan dop roda. Untuk menunjang kenyamanan, Ayla iini juga dibekali AC, power window, dan electric power steering.

PT ADM selaku produsen juga menyertakan sistem audio 1DIN (CD/MP3/AUX) berikut 2 speaker untuk peranti hiburan. Tak luput, tipe ini juga mendapat sunvisor untuk penumpang di kursi depan. Sementara untuk fitur keselamatan, tipe D+ telah menggunakan seat belt untuk penumpang di baris kedua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Datsun Go+ tipe D

Model selanjutnya yang dipasarkan dengan harga di bawah Rp 100 juta adalah Datsun Go+ tipe D. Datsun Indonesia selaku agen pemegang merek memasarkan MPV 7-penumpang ini seharga Rp 92,85 juta untuk wilayah Jakarta.

Adapun kelengkapan fitur yang terdapat dalam tipe D antara lain takometer digital berikut fitur untuk konsumsi bahan bakar rata-rata. Sementara itu, fitur keselamatannya menggunakan sabuk keselamatan di semua baris kursi.

Hadir sebagai tipe terbawah, tampilan eksterior pada Datsun Go+ tipe D juga sederhana. Hal ini terlihat dari frame grille serta bumper yang dikelir hitam. Adapun tipe-tipe lainnya yang lebih tinggi bumpernya dicat dengan warna senada bodi serta frame grille beraksen krom.

Lebih lanjut, Datsun Go+ tipe D juga belum didukung dengan sistem penyejuk udara alias AC dan tanpa adanya peranti audio sebagai hiburan.

Karimun Wagon R tipe GA

Harga terendah itu bisa didapatkan melalui Karimun Wagon R GL, sementara untuk tipe GX Rp 120 juta, GS Rp 212,5 juta, dan Dilago Rp 122 juta

Mobil terakhir yang dipasarkan di bawah Rp 100 juta adalah Karimun Wagon R tipe GA. PT Suzuki Indomobil Sales selaku produsen memasarkan tipe terbawah Wagon R ini seharga Rp 95,4 juta.

Karimun Wagon R hadir sebagai kendaraan MPV untuk 5 orang penumpang. Berbeda dari dua merek sebelumnya, dari berbagai sumber menyebutkan jika tipe terbawah Karimun Wagon R ini telah menggunakan penyejuk udara dan perangkat audio untuk hiburan.

Lebih lanjut, Wagon R tipe GA juga telah didukung fitur keamanan seperti immobilizer. Namun begitu, tipe ini masih menggunakan engkol untuk membuka jendela.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini