Sukses

Mobil Tak Laku di Kota Ini

Akses jalan yang terbatas menjadi salah satu alaasan penduduk enggan punya mobil.

Liputan6.com, Bethel - Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu negara maju yang menjadi sentra otomotif dunia. Di negara adidaya tersebut, banyak berdiri perusahaan otomotif yang menaungi banyak merek.

Namun demikian, hal yang sebaliknya justru terjadi di Bethel, Alaska. Tidak seperti kota-kota lainnya di AS, penduduk Bethel ini tidak ada yang punya mobil.

Dilansir Carscoops, Kamis (10/9/2015), alasan penduduk di kota itu ogah punya mobil bukan karena demi menjaga kelestarian lingkungan, tetapi karena harga BBM yang sangat mahal hingga mencapai US$ 6 per galon atau Rp 85 ribuan. Selain itu, akses jalan juga terbatas karena banyak jalan yang putus.

Sebagai moda transportasi, masyarakat di Bethel menggunakan taksi. Terdapat 70-an unit taksi yang beroperasi untuk melayani penduduk sebanyak 6.080 jiwa.

Tentunya, biaya menggunakan taksi tidaklah murah. Pengguna harus membayar US$ 5 atau Rp 70 ribuan untuk tujuan dalam kota. Sementara itu, jika pergi ke luar kota atau ke bandara akan dikenakan ongkos US$ 7 atau Rp 99 ribuan. Selain itu, tiap pemberhentian akan dikenakan biaya tambahan.

Sulitnya transportasi membuat masyarakat banyak yang memilih berjalan kaki menuju lokasi yang cukup dekat. Oleh karena itu, banyak yang berharap jika ada pihak yang mau menyediakan kendaraan umum yang terjangkau sebagai sarana transportasi di kota itu.

(ysp/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini